Justin Hubner Ungkap Salah Satu Alasan Bersedia Naturalisasi
Justin Hubner menilai suporter Indonesia sangat besar (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Justin Hubner telah merampungkan proses naturalisasi dan resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Dibalik keputusannya menjadi WNI, ada aspek suporter Indonesia yang membuat Hubner antusias.

Proses pengambilan sumpah WNI Justin Hubner berlangsung di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Rabu, 6 Desember 2023 pagi WIB.

Saat memutuskan pindah kewarganegaraan dari Belanda ke Indonesia, Justin Hubner masih berusia 20 tahun.

Melihat usianya yang masih sangat muda, sejatinya Hubner punya peluang bagus untuk berkarier di Belanda. Pasalnya, ia juga sempat mendapat panggilan Belanda U-20.

Selain itu Hubner kini tengah berkiprah di klub Eropa, Wolverhampton Wanderers. Meskipun saat ini ia masih berada di tim muda, statusnya sebagai kapten bisa jadi gambaran karier mulusnya ke depan.

Saat ditanya soal alasannya memilih menjadi WNI, Hubner mengakui bahwa fanatisme suporter di Indonesia jadi salah satu pertimbangannya dalam pengambilan keputusan tersebut.

“Saya merasa Indonesia punya suporter yang lebih besar dari Belanda. Saya berpikir kita punya generasi yang bagus dan bisa mencapai banyak hal dengan generasi ini,” kata Justin Hubener pada Rabu, 6 Desember 2023.

“Saya sangat bahagia dan bangga bisa bermain untuk Timnas Indonesia,” lanjutnya gembira.

Setelah Hubner resmi jadi WNI, Hubner diharapkan bisa langsung tampil di ajang-ajang penting yang berlangsung pada 2024.

Piala Asia 2023 yang berlangsung pada Januari 2024 menjadi ajang internasional pertama yang bisa diikuti oleh Hubner.

Kehadiran Hubner di Skuad Garuda diharapkan membuat Indonesia bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam di fase grup Piala Asia 2023.

Selain itu, ada pula Kualifikasi Piala Dunia 2026 ketika Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam laga kandang dan tandang pada Maret 2024.

“Semoga Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia dan Piala Asia. Semoga bisa memenangi beberapa pertandingan di sana. Kami ingin membuat Indonesia bangga atas apa yang kami lakukan,” kata Hubner soal targetnya di Timnas Indonesia.