Prediksi Skuad Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20, Ada Pemain Naturalisasi?
Penggawa timnas U-19 ([email protected])

Bagikan:

YOGYAKARTA – Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun depan. Turnamen tersebut akan digelar di enam stadion megah di Tanah Air pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Lantas, siapa saja skuad Timnas Indonesia di Piala Dunia U20 2023?

Sebagaimana diketahui, pada awal September lalu, Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan meminta izin kepada Presiden Joko Widodo untuk melakukan naturalisasi 7 pemain keturunan yang semuanya berasal dari Belanda.

Dikatakan Iwan, para pemain keturunan tersebut merupakan rekomendasi dari pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong. Mereka diincar PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023. 

“Ada tujuh pemain yang mungkin akan kami pakai, semuanya berasal dari Belanda," kata Iwan Bule – sapaan akrab Ketum PSSI – setelah mengikuti ratas terkait perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, 8 September, menyadur VOI.

Dari tujuh nama pemain keturunan yang dikatakan Iriawan, dua nama sudah dipastikan dapat memperkuat timnas U-19.

“Dua nama sudah pasti, lima lainnya sedang kami jajaki. Tidak ada masalah karena ini permintaan dari pihak pelatih ya,” lanjut Iriawan.

Dua pemain yang sudah bersedia membela Indonesia itu sama-sama berusia 18 tahun. Nama pertama adalah gelandang Ivar Jenner yang saat ini terdaftar bermain untuk tim U-21 klub Belanda, FC Utrecht. Sementara satu nama lainnya adalah Justin Hubner yang merupakan bek tengah klub Inggris Wolverhampton Wanderers U-21.

Jika kedua pemain tersebut dinaturalisasi, skuad Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia Remaja tahun depan akan bertambah kuat. Ini merupakan hal penting, mengingat Indonesia merupakan tuan rumah ajang tersebut.

Prediksi Skuad Timnas di Piala Dunia U-20 2023

Apabila PSSI jadi melakukan program naturalisasi pemain untuk tujuh pesepakbola keturunan Indonesia, seperti yang sudah disinggung di atas, skuad Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 akan berubah.

Punggawa Timnas RI
Timnas U-19 melakukan pemusatan latihan (Dok. PSSI).

 

Lantas, bagaimana prediksi line up Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 yang dipentaskan tahun depan?

Jika Justin Hubner dan Ivar Jenner benar-benar bersedia membela Indonesia, maka lini belakang dan tengah akan semakin solid.

Lini tengah akan diperkuat oleh Ivar Jenner, mengingat ia berposisi sebagai gelandang di FC Ultrecht. Sementara Justin Hubner yang saat ini mengisi posisi bek tengah Wolverhampton Wanderers U-21 diprediksi bakal membantu mengamankan area pertahanan.

Justi Hubner yang berpostur tinggi (187 cm) akan membuat lini pertahanan makin kuat, terlebih untuk menghadapi duel-duel udara.

Sedangkan Ivar Jenner yang postur tubuhnya tak jauh beda dengan Justin Hubner (186 cm), akan menyolidkan lini tengah, terlebih ia kerap bermain sebagai gelandag tengah.

Andai Justin Hubner benar-benar bersedia membela Timnas, ia bisa masuk dalam Starting Eleven dan menemani Ferarri, Kakang Rudianto, dan Frengky Missa dalam formasi empat bek.

Untuk Ivar Jenner, ia bisa ditempatkan dalam posisi Double Pivot dan menemani Arkhan Fikri untuk menopang gelandang serang dan para winger seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, dan Alfriyanto Nico.

Untuk posisi striker, coach Shin – sapaan akrab pelatih Timnas Indonesia – akan memilih Hokky Caraka. 

Terkait formasi, Coach Shin kemungkinan mengandalkan formasi 4-2-3-1. Berikut prediksi starting XI Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Formasi (4-2-3-1): Cahya Supriadi, Kakang Rudianto, Muhammad Ferrari, Justin Hubner, Frengky Missa; Arkhan Fikri, Ivar Jenner; Alfriyanto Nico, Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh; Hokky Caraka.

Demikianlah prediksi skuad timnas di Piala Dunia U-20.