Persiapan Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 2023, Ketum PSSI: Pelatih Ajukan 7 Nama Pemain Keturunan
Rapat kabinet terbatas terkait perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023  (Instagram.com/@mochamadiriawan84)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum PSSI) Mochamad Iriawan mengungkap rencana persiapan timnas U-19 untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023. Iriawan menyebut, pelatih Shin Tae-yong telah mengajukan tujuh nama pemain keturunan untuk mengarungi kompetisi.

Hal ini kemudian disampaikan juga oleh Iriawan kepada Presiden Joko Widodo ketika mengikuti rapat kabinet terbatas terkait perkembangan persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, 8 September.

"Kami melaporkan rencana yang diminta oleh pelatih. Ada tujuh pemain yang mungkin akan kami pakai, semuanya berasal dari Belanda," kata Iwan Bule dalam keterangan selepas rapat dikutip dari Antara.

Dari tujuh nama pemain keturunan yang dikatakan Iriawan, dua nama sudah dipastikan dapat memperkuat timnas U-19.

“Dua nama sudah pasti, lima lainnya sedang kami jajaki. Tidak ada masalah karena ini permintaan dari pihak pelatih ya,” lanjut Iriawan.

Dua pemain yang sudah bersedia membela Indonesia itu sama-sama berusia 18 tahun. Nama pertama adalah gelandang Ivar Jenner yang saat ini terdaftar bermain untuk tim U-21 klub Belanda, FC Utrecht. Sementara satu nama lainnya adalah Justin Hubner yang merupakan bek tengah klub Inggris Wolverhampton Wanderers U-21.

Sementara untuk lima nama pemain lainnya yang masih dijajaki, Iriawan belum berkenan mengungkapkan. Namun begitu, ia memastikan pihaknya akan terus berkomunikasi rutin dengan pemain bersangkutan dan juga pihak orang tu demi meminta izin.

“Karena ini (lima pemain lainnya) kan tetap harus ada izin orang tua, mereka masih kecil-kecil. Tapi yang jelas ada darah keturunan dan semoga saja mau," kata Iriawan.