Indonesia U-20 ke Qatar, Indra Sjafri Buka Pintu untuk Pemain Keturunan yang Ingin Bergabung
Timnas U-20 (foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Indonesia U-20, Indra Sjafri, membuka pintu selebar-lebarnya bagi para pemain keturunan untuk bergabung dengan timnya dalam persiapan ke Piala Dunia U-20 2025 di Chile.

Indra Sjafri dan pasukan Garuda Muda tengah berada di Qatar sejak Sabtu, 23 Desember lalu. Agenda keberangkatan ke Qatar ini merupakan rangkaian Pemusatan Latihan (TC) untuk menghadapi agenda di sepanjang tahun 2024 yang akan bermuara ke Piala Dunia U-20 2025.

Dalam persiapan kali ini, Indra Sjafri telah memboyong 26 pemain, dimana dua diantaranya yaitu Ji Da Bin dan Hugo Samir merupakan pemain berdarah campuran.

Dari kehadiran dua nama keturunan itu, Indra Sjafri tak menutup kemungkinan dirinya akan menyambut pemain keturunan di luar negeri lain yang ingin hadir. Ia membuka kesempatan ini dalam TC lanjutan yang akan dilakukan setelah pulang dari Qatar.

“Kita akan memanggil pemain-pemain baru yang daftarnya sudah kita inventaris. Kita juga akan memberikan kesempatan kepada anak-anak (pemain) di luar negeri nanti secara bertahap,” kata Indra Sjafri.

“Terakhir kalau ada pemain yang benar-benar istimewa, yang bagus kualitasnya, dia keturunan (Indonesia) dan mau bermain untuk Indonesia tapi belum memiliki kewarganegaraan Indonesia, kita juga akan mengajukan ke PSSI untuk bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia," lanjutnya dikutip dari situs resmi PSSI pada Senin, 25 Desember.

Dalam agenda TC di Qatar kali ini,Indra Sjafri dan pasukan akan menetap satu minggu. Selama menggelar agenda ini, sang pelatih bakal memaksimalkan waktu untuk menganalisis kondisi para pemain terkait dengan proses seleksi.

“Nanti selama satu minggu kedepan kami akan fokus mengambil profil dari para pemain. Kami melakukan beberapa item test dengan pemain di Qatar ini,” beber sang pelatih.

Pada kesempatan yang sama pelatih asal Sumatera Barat ini juga mengharapkan bahwa momen TC ini bisa dimanfaatkan para pemain dengan baik dalam menunjukan talenta mereka. Apalagi latar belakang tiap pemain juga berasal dari kompetisi yang berbeda-beda.

“Untuk materi pemain pemusatan latihan tahap awal ini bersumber dari pemain-pemain timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023, Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Asprov,” ujarnya.

Dirinya berharap kepada pemain agar menggunakan kesempatan ini dengan baik selama di Qatar.

"Kita tentu evaluasi serta akan ada sistem promosi dan degradasi untuk pemain," ucapnya.

Setelah menuntaskan agenda TC di Qatar selama satu pekan, nantinya Skuad Garuda Muda akan melanjutkan agenda TC kedua yang akan berlangsung di Jakarta pada Januari mendatang.

Persiapan ini merupakan langkah pasti untuk menatap di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20, dimana jika lolos timnas U-20 akan berlaga di Piala Dunia U-20 2025 di Chile.