Bagaimana Nasib Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia U-20? Zainudin Amali: Dua Nama Oke, Satu Perlu Konfirmasi
Dua calon pemain naturalisasi tim Indonesia U-20 Ivar Jenner (Kanan) dan Justin Hubner (kiri). (Foto: Twitter @pssi)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali, membeberkan perkembangan proses naturalisasi tiga pemain Timnas Indonesia U-20. Tiga nama itu adalah Justin Hubner, Ivan Jenner, dan Rafael Struick.

Proses naturalisasi ketiganya jadi pertanyaan setelah Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Muncul kekhawatiran proses ketiganya tak dilanjutkan.

Sejauh ini, proses ketiganya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) berjalan lancar bahkan telah mencapai Sekretariat Negara (Setneg). Namun, ada kekhawatiran para pemain itu berubah pikiran dan enggan melanjutkan naturalisasi.

Namun, Zainudin memberikan kabar menyejukkan. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu menjelaskan, dua penggawa masih bertekad melanjutkan proses tapi satu nama lain tengah dikonfirmasi. Satu nama itu adalah Justin Hubner.

"Kan (dokumen naturalisasi) sudah di Setneg, di Istana sekarang. Pembahasan sudah, paripurna sudah, mana yang akan diloloskan lagi, kan kita belum tahu. Belum tentu (lolos) juga tiga-tiganya kan," tutur Zainudin Amali saat berbincang dengan awak media di GBK Arena, Senayan pada Selasa, 4 April.

"Konfirmasinya (dari para pemain sendiri) sih oke, yang dua, ya. Yang satu (Justin hubner) sedang dikonfirmasi lagi. Kan harus kita komunikasi lagi," tambah nya.

Soal Justin Hubner yang mesti melewati konfirmasi ulang, berkaitan dengan situasinya yang dinilai punya kans memilih dua kewarganegaraan. Pasalnya, pesepak bola 19 tahun itu baru saja memenuhi panggilan tampil bersama Timnas Belanda U-20.

Nama Hubner masuk dalam daftar skuad muda Belanda saat uji coba melawan Timnas Prancis U-20 di Marbella Football Center, Sabtu 25 Maret lalu. Situasi ini menimbulkan tanda tanya karena di saat yang sama, Hubner juga tengah menjalani proses naturalisasi demi bergabung dengan skuad Garuda.