Bagikan:

YOGYAKARTA – Southeast Asian Games (SEA Games) atau Pesta Olahraga Asia Tenggara merupakan ajang multi-olahraga yang dipentaskan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Ke-11 negara tersebut yakni Thailand Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos, Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Timor Leste.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas Jadwal SEA Games 2023. Untuk cabor sepak bola, drawing tau pembagian grup akan dilakukan lebih awal.

Jadwal SEA Games 2023 dan Prediksi Drawing Cabor Sepak Bola

Jadwal SEA Games 2023 akan dipentaskan pada 5-17 Mei mendatang. Pesta olahraga paling akbar di Asia Tenggara tersebut akan digelar di Kamboja.

Khusus untuk cabor sepak bola, pembagian grup akan dilakukan lebih awal, yakni pada 5 April 2023.

Informasi ini disampaikan oleh Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22, Indra Sjafri. Ia mengatakan bahwa drawing cabor sepak bola untuk SEA Games 2023 Kamboja akan dilaksanakan di Nasional Moradok Techo, Phnom Penh Kamboja.

“Tanggal 5 April (drawing), saya sudah menerima surat dari Kamboja tanggal itu ada drawing,” ujar Indra Sjafri pada Sabtu, 1 April 2023.

Sampai saat ini, pihak penyelenggara masih belum merilis format pengundian grup dan pot. Akan tetapi, hasil drawing SEA Games 2023 cabor sepak bola diprediksi tak akan banyak perubahan dari edisi sebelumnya.

Sepak bola SEA Games 2023 akan diikuti oleh 10 tim. Mereka yakni Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Myanmar, Thailand, Singapura, Vietnam, dan Timor Leste.

Pot satu diprediksi akan diisi oleh juara bertahan dan rumah, yakni Vietnam dan Kamboja.

Pot dua diprediksi akan dihuni oleh Thailand dan Indonesia yang pada SEA Games sebelumnya masing-masing mendapat medali perak dan perunggu.

Jika hasil drawing tetap sama dengan sebelumnya, maka pot tiga bakal dihuni oleh Maysia dan Myanmar.

Pot empat kemungkinan akan diisi oleh Filipina dan Singapura. Sementara pot lima akan diisi oleh Timor Leste.

Sedangkan buat pot 4 bakal dihuni oleh Filipina dan SIngapura, dan pot 5 sendiri akan diisi oleh Timor Leste.

Cabor sepak bola disebut akan menggunakan dua stadion di Kamboja, yakni Olympic Stadium dan Prince Stadium sebagai tempat pertandingan.

Dikutip dari Antara, Selsa, 4 April 2023, pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri bakal memasukkan nama-nama pemain yang berkarier di luar negeri ke dalam skuad Garuda U-22.

Para pemain tersebut seperti Pratama Arhan dan Elkan Baggott. Indra mengaku sengaja tak memasukkan Bagus Kahfi yang saat ini sedang bermain untuk klub Yunani Asteras Tripolis FC karena ia sedang mendapat kesempatan dari klub.  

"Kemarin kita berdiskusi dengan klub Bagus. Bagus lagi diberikan kesempatan oleh klubnya, saya pikir dia lebih baik di klubnya ketimbang ke SEA Games, jadi Bagus tidak saya daftarkan. Tapi Elkan, Arhan, saya daftarkan," ucapnya.

Indra juga menegaskan bahwa semua tim peserta SEA Games harus diwaspadai. Namun ia memiliki opini khusus soal tim Vietnam, yang kali ini tidak lagi diarsiteki Park Hang Seo.

"Saya beberapa kali berhadapan dengan dia dan saya bahkan masih berkomunikasi dengan Park. Dan dia memutuskan tidak lagi di Vietnam. Tentu ada masa transisi, saya berharap masa transisi ini menjadi hal yang tidak positif untuk Vietnam. Mudah-mudahan ya," tuturnya.

Indra mengingatkan kembali bahwa target tim asuhannya di ajang pesta olahraga Asia Tenggara itu adalah medali emas. Prestasi tertinggi SEA Games yang sampai saat ini baru dua kali berhasil dimenangi oleh timnas sepak bola Indonesia.

"Target kan harus medali emas. Masa sudah 32 tahun kita gak juara, terus kita minta ke Tuhan medali emas kan wajar dong. Mudah-mudahan diamini ya," pungkasnya.

Demikian informasi tentang jadwal SEA Games 2023 beserta prediksi drawing cabor sepak bola. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.