Kloter Perdana SEA Games Hanoi 2021 dari Cabor Sepak Bola dan Rowing Bertolak ke Vietnam
Kepala pelatih Shin Tae-yong (Foto: DOK NOC)

Bagikan:

JAKARTA – Cabang olahraga (cabor) sepak bola dan rowing resmi dilepas menuju SEA Games Hanoi 2021. Kedua cabor itu berangkat lebih awal karena punya jadwal tanding sebelum acara pembukaan.

Keberangkatan kloter pertama ini dilepas langsung oleh Chef de Mission (CdM) Ferry Kono pada Selasa, 3 Mei. Timnas sepak bola Indonesia akan melewati laga perdana kontra tuan rumah Vietnam pada 6 Mei, sedangkan rowing bertanding pada 9 Mei. 

"Hari Ini kami melepas kloter pertama  menuju Vietnam ada dua rombongan di kloter perdana, yaitu tim advance bersama 40 orang dari cabor rowing dan sepak bola yang berjumlah 20 atlet, 8 official, dan 10 extra-official," kata Ferry.

Di Vietnam nanti, kepala pelatih Shin Tae-yong bakal menjadwalkan beberapa sesi latihan sebelum pertandingan penyisihan grup.

Manajer timnas Indonesia Uden Kusuma Wijaya menjelaskan kondisi timnya dalam keadaan baik. 

"Kami juga akan terus memotivasi mereka. Kami akan memanfaatkan peluang sekecil apapun selama di SEA Games nanti," kata Uden.

Selain dengan tuan rumah, timnas sepak bola Indonesia berada di Grup dengan Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Indonesia dan Vietnam diprediksi bakal merebut status juara grup.

Dari cabor sepak bola Indonesia ditarget membawa pulang medali emas. Merah Putih sejauh ini sudah meraih dua medali emas dalam sejarah ajang dua tahunan itu, di mana terakhir kali terjadi pada 1991.

Pada edisi sebelumnya di Filipina 2019 lalu, skuad Garuda membawa pulang perak. Ketika itu skuad asuhan Indra Sjafri kalah dari Vietnam di pertandingan pamungkas.

SEA Games Vietnam akan dibuka pada 12 Mei hingga 23 Mei. Kontingen Indonesia berpartisipasi di 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

SEA Games kali ini merupakan kali kedua Vietnam tampil sebagai tuan rumah multi event bergengsi dua tahunan kawasan Asia Tenggara. Kali terakhir, Vietnam menjadi tuan rumah pada 2003.