Calvin Verdonk dan Jens Raven Tiba di Indonesia, Siap Jalani Naturalisasi
Jens Raven, Calvin Verdonk, dan Maarten Paes Bersama Ketum PSSI Erick Thohir (Instagram/@jensraven9).

Bagikan:

JAKARTA - Dua calon pemain naturalisasi, Calvin Verdonk dan Jens Raven sudah tiba di Jakarta pada Selasa, 30 April 2024, malam WIB.

Kedatangan keduanya diabadikan di akun Instagram Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Setelah tiba di Jakarta dari Doha, saya kembali fokus memperkuat tim nasional."

"Hari ini @maartenpaes (Maarten Paes) sudah resmi menjadi warga negara Indonesia. Sementara @c.verdonk (Calvin Verdonk) pemain NEC Nijmegen dan @jensraven9 (Jens Raven) pemain FC Dordrecht juga dalam proses naturalisasi," tulis Ketum PSSI tersebut.

Verdonk dan Raven siap dikebut naturalisasinya agar bisa debut bersama Timnas Indonesia secepatnya.

Calvin Verdonk merupakan pemain berdarah Belanda-Indonesia berusia 27 tahun. Saat ini, dia tengah NEC Nijmegen yang bermain di Eredivisie.

Pemain berposisi bek kiri itu pernah membela tim nasional Belanda di kelompok umur, seperti U-15, U-16, U-17, U-18, U-19, U-20, dan U-21.

Bergeser ke Jens Raven, sang penyerang juga punya darah Belanda-Indonesia. Usianya masih muda, yaitu 18 tahun. Saat ini, dia membela FC Dordrecht U-21.

Naturalisasi keduanya jelas menambah amunisi Timnas Indonesia yang masih punya agenda terdekat yaitu putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Skuad Garuda masih punya dua laga sisa melawan Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024).

Tim Merah-Putih jelas butuh tambahan kekuatan demi meraih kemenangan di dua laga tersebut. Kemenangan akan mengantar Timnas Indonesia menapaki ronde berikut, putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sejauh ini, Timnas Indonesia berada di peringkat kedua klasemen Grup F putaran kedua kualifikasi dengan koleksi tujuh poin dari empat laga.

Sementara itu, pada hari yang sama, Timnas Indonesia sudah dipastikan mendapat tambahan kekuatan di bawah mistar gawang.

Maarten Paes resmi menjadi warga negara Indonesia usai mengambil sumpah janji setia NKRI di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakara.

Maarten Paes juga punya darah Belanda-Indonesia. Saat ini dia merupakan kiper tim utama FC Dallas di Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat.

Kiper 25 tahun itu pernah membela NEC Nijmegen dan Utrecht. Di level tim nasional kelompok umur, dia pernah bermain untuk Belanda U-19, U-20, dan U-21.