Bagikan:

JAKARTA - Menpora Dito Ariotedjo membahas soal progres naturalisasi dua pemain untuk Timnas Indonesia. Kabar baik dan optimisme kemudian diungkapkan Dito Ariotedjo karena katanya berkas Calvin Verdonk dan Jens Raven kini sudah berada di DPR RI.

Seiring dengan dokumen yang sudah masuk ke DPR, Dito optimistis bahwa dalam waktu dekat bakal digelar sidang di Komisi X dan Komisi III DPR RI sebagai tahap naturalisasi pemain.

"Sudah diajukan kembali ke DPR, besok (22/5/2024) setelah jam kerja saya akan coba komunikasi dengan pimpinan DPR. Semoga bisa sesuai yang dibutuhkan Timnas Indonesia," kata Dito Ariotedjo dalam keterangannya di Jakarta dikutip pada Selasa, 21 Mei 2024.

"Ya (akan ada rapat Komisi III dan Komisi X). Kemarin 'kan (rapat dua komisi tersebut) tepat waktu, sekarang insyaallah tepat waktu juga," ucapnya.

Sementara Calvin Verdonk dan Jens Raven masih menunggu proses lanjutan naturalisasi, Maarten Paes justru sudah mendapatkan status WNI. Namun, saat ini ia masih menjalani proses perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI.

Sebelumnya, Ketua PSSI Erick Thohir menargetkan naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven rampung bulan ini. Dua pemain itu diproyeksikan bisa tampil di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Juni 2024.

"Kalau Calvin Verdonk sama Jens Raven, itu mesti angkat sumpah lagi, tunggu, mudah-mudahan bulan Mei 2024 minggu ketiga (selesai naturalisasi). Ya, kalau memang sudah diangkat sumpah, ya, bisa (bergabung Timnas Indonesia). Kami usahakan tiga-tiganya main," ucap Erick Thohir pada awal April 2024.

Sejatinya, kehadiran tiga pemain naturalisasi itu akan menjadi kabar baik dan menambah percaya diri Timnas Indonesia yang akan tampil di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia akan melawan Irak pada 6 Juni 2024 kemudian Filipina pada 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Namun, sejauh ini, nama ketiganya tak masuk dalam daftar panggil 22 pemain yang dirilis pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Soalnya, naturalisasi ketiganya belum benar-benar rampung.