Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia dipastikan masuk Grup B bersama Vietnam di Piala AFF 2024. Hasil tersebut diketahui dari pengundian yang telah dilaksanakan di Hanoi, Vietnam, pada Selasa, 21 Mei 2024.

Selain Indonesia dan Vietnam, penghuni Grup B diisi tiga negara lain, yaitu Filipina, Myanmar, dan Laos.

Sebelumnya diketahui bahwa 10 negara yang jadi peserta sudah dibagi ke dalam lima pot yang masing-masing berisi dua negara.

Saat pembagian pot itu, Timnas Indonesia menempati pot kedua bersama Malaysia. Pot pertama diisi Thailand dan Vietnam.

Lalu, ketiga diisi Filipina dan Singapura. Pot keempat ada Myanmar dan Kamboja serta terakhir pot kelima diisi Laos dan satu tim pemenang kualifikasi (Brunei/Timor Leste).

Ketika pengundian dilaksanakan, pot kelima menjadi pot pertama yang diundi yang mana pemenang kualifikasi antara Brunei atau Timor Leste dipastikan akan tergabung Grup A. Sementara Laos masuk ke Grup B.

Piala AFF 2024 akan digelar pada 23 November hingga 21 Desember 2024. Sembilan tim sudah memastikan lolos ke putaran final Piala AFF 2024. Sisanya ialah penentuan babak kualifikasi antara Brunei dan Timor Leste.

Untuk format penyelenggaraan, nantinya kompetisi ini akan digelar dengan format round robin. Setiap tim akan memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang.

Dua tim peringkat paling atas fase grup akan lolos ke semifinal. Juara Grup A akan berjumpa runner-up Grup B, sementara juara Grup B akan bertemu runner-up Grup A.

Setelah fase grup tuntas, babak semifinal hingga final akan digelar dengan sistem dua leg, kandang dan tandang.

Hasil Drawing Piala AFF 2024

Grup A

Thailand

Malaysia

Singapura

Kamboja

Pemenang Kualifikasi (Brunei/Timor Leste)

Grup B

Vietnam

Indonesia

Filipina

Myanmar

Laos