Bagikan:

JAKARTA - Hasil pengundian Piala AFF 2024 menunjukkan Timnas Indonesia satu grup dengan Vietnam. Media Vietnam mengatakan bahwa The Golden Star berada di grup neraka.

Pada pengundian yang dilakukan Selasa, 21 Mei 2024, di Hanoi, Vietnam, The Golden Stars berada di Grup B bersama Indonesia, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Sementara Grup A dihuni juara bertahan Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam vs Timor Leste.

Berdasarkan hasil pengundian itu, media Vietnam, Soha, menyebut skuad arahan Kim Sang Sik berada di grup neraka karena akan bertemu Skuad Garuda.

"Hasil pengundian Piala AFF 2024, tim Vietnam bertemu Indonesia di grup neraka," tulis Soha dikutip pada Rabu, 22 Mei 2024.

Bukan cuma karena bertemu Indonesia, Soha menilai Filipina juga membuat tim mereka berada dalam tekanan karena berencana menambah sederet pemain naturalisasi.

"Grup B diyakini sebagai grup yang menyulitkan bagi Vietnam. Indonesia adalah lawan yang selalu menang atas Vietnam dalam tiga pertemuan terakhir," tulis Soha.

"Filipina berencana menambah sederet bintang naturalisasi yang berkarier di Eropa. Sementara Myanmar selalu jadi lawan yang menyebalkan dan pernah menahan imbang Vietnam di Piala AFF 2018," lanjut narasi tersebut.

Tekanan yang diungkapkan media Vietnam ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, diketahui bahwa saat ini Indonesia memang mulai tampil sebagai pesaing kuat.

Setelah menang di fase grup Piala Asia 2023, Tim Garuda juga berhasil meraup dua kemenangan beruntun atas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Apalagi saat ini skuad asuhan Shin Tae-yong itu juga berambisi untuk meraih gelar juara Piala AFF untuk kali pertama setelah kegagalan lolos ke Olimpiade 2024.