Bagikan:

JAKARTA – Kiprah pebulu tangkis tunggal putra, Alwi Farhan, di ajang Super 500 BWF Malaysia Masters 2024 langsung kandas pada babak kualifikasi.

Alwi langsung angkat koper dari turnamen tersebut setelah menyerah rubber game 21-11, 13-21, dan 18-22 melawan wakil Denmark, Mads Christophersen, pada Selasa, 21 Mei 2024, siang WIB.

Kekalahan ini membuat Alwi merasa perlu segera memperbaiki banyak kekurangan yang masih ada pada dirinya.

"Saya kecewa dengan hasil. Tadi di gim ketiga saya sudah unggul, tetapi tidak bisa memaksimalkan menjadi kemenangan. Dari pertandingan ini terlihat masih banyak pekerjaan rumah," ujar Alwi usia laga.

Pada gim penentuan Alwi sebenarnya tampil sangat dominan atas lawannya. Keunggulan lima poin di awal membawa dia mempertahankan keunggulan hingga poin-poin akhir.

Namun, enam poin lawan beruntun pada masa-masa itu malah membalikkan kedudukan menjadi 17-19. Alwi pun hanya bisa menambah satu angka setelahnya.

"Saat unggul, saya malah bermain ragu-ragu. Kurang yakin. Seharusnya bisa mematikan bola lawan, malah tidak mati. Ini yang harus diperhatikan," kata Alwi.

Ini adalah kekalahan kedua Alwi melawan Mads. Sebelumnya di Denmark Masters 2023, dia kalah dua gim langsung.

"Berbeda dengan pertemuan pertama, kali ini saya bisa bermain rubber game. Tadi juga ada kesempatan untuk menang."

"Namun, saya tidak mampu memanfaatkan kesempatan. Saya terima kekalahan ini. Saya harus belajar dan berlatih lebih keras lagi," ujar Alwi.

Alwi adalah satu dari dua pebulu tangkis Indonesia yang memulai perjuangan di Malaysia Masters 2024 dari babak kualifikasi. Satu pebulu tangkis lainnya ialah Shesar Hiren Rhustavito.

Shesar sendiri sudah melewati kualifikasi pertama setelah mengalahkan wakil India, S.Sankar Muthusamy Subramanian.