Bagikan:

JAKARTA - Filipina dipastikan berada di Grup B setelah undian Piala AFF 2024. Satu grup bersama Indonesia, Myanmar, Laos dan Vietnam, The Azkals tak ingin cuma jadi tim penghibur.

Hal tersebut disampaikan pelatih timnas Filipina, Freddy Gonzalez. Ia mengutarakan bahwa timnya tak ingin jadi penghibur karena sadar dengan potensi besar dari tim-tim lawan di Grup B, terlebih dengan adanya Vietnam dan Indonesia yang kini mulai menunjukan tajinya.

“Meskipun mereka selalu menjadi lawan tangguh di kawasan Asia Tenggara, keakraban kami dengan tim Vietnam dan Indonesia belakangan ini tetap menguntungkan tim kami, itu sebabnya kami tak ingin cuma jadi penghibur," kata Freddy Gonzalez dikutip dari The Thao 247 pada Jumat, 24 Mei.

Sebelum akhirnya jumpa dengan tim-tim pesaing di Grup B Piala AFF 2024, Filipina juga akan lebih dulu berhadapan dengan Vietnam dan Indonesia. Pertemuan itu akan terjadi di bulan Juni dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Menurut sang pelatih agenda itu akan jadi ajang persiapan timnya untuk tampil di Piala AFF 2024 yang lagi-lagi membuat mereka akan jumpa dengan Skuad Garuda.

"Ada harapan untuk mendapatkan hasil baik untuk kami (timnas Filipina) dalam pertandingan Babak Kualifikasi ke-2 Piala Dunia 2026 dengan lawan kami di Asia Tenggara. Karena ini akan menjadi batu loncatan kita menuju kejuaraan di Kejuaraan Sepak Bola Asia Tenggara (Piala AFF 2024) November mendatang dan bertemu dengan beberapa tim yang sama lagi,” pungkasnya.

Saat ini baik Filipina, Indonesia, dan Vietnam memang sedang dalam persaingan sengit untuk menembus putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Namun, Filipina sejauh ini tampil kurang mengesankan karena dari empat laga yang dijalani mereka hanya mampu mendapatkan satu hasil imbang dan tiga kekalahan.

Dari hasil itu, Filipina kini menempati posisi juru kunci Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan satu poin. Sementara di dua laga sisa putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Filipina akan menghadapi Vietnam pada 6 Juni dan dilanjutkan dengan Indonesia pada 11 Juni.