Bagikan:

JAKARTA - Agenda Timnas Indonesia yang akan mentas di Piala AFF 2024 membawa tantangan sendiri buat sang pelatih, Shin Tae-yong.

Pada turnamen itu, Shin akan kembali berduel taktik dengan pelatih yang juga berasal dari negara asalnya, Korea Selatan.

Situasi itu mesti dihadapi Shin Tae-yong setelah hasil pengundian Piala AFF 2024 yang dilakukan pada Selasa, 21 Mei 2024, di Hanoi, Vietnam.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Posisi Timnas Indonesia berada di Grup B yang membuat Shin Tae-yong kembali harus berhadapan dengan kompatriotnya asal Korea Selatan, Kim Sang-sik. Saat ini, Kim Sang-sik menyandang status sebagai pelatih Vietnam.

Keadaan serupa juga sempat dialami Shin Tae-yong dalam turname sama pada edisi sebelumnya. Pada Piala AFF 2022, ia juga mesti bersaing dengan pelatih Korea Selatan, Park Hang-seo yang menjadi juru taktik Vietnam.

Kim Sang-sik merupakan pengganti Philippe Troussier, yang sebelumnya menggantikan Park Hang-seo. Dia dipercaya menangani pasukan The Golden Stars sejak April 2024.

Kim Sang-sik jelas punya tugas berat. Dia mendapat target untuk bisa mengangkat performa Vietnam termasuk mengakhiri rapor buruk melawan Indonesia.

Hal itu berkaca pada catatan tiga pertemuan terakhir secara beruntun Vietnam selalu kalah dari Timnas Indonesia.

Selain bakal duel dengan Kim Sang-sik, Shin Tae-yong juga berpeluang adu taktik melawan pelatih asal Korea Selatan lainnya, yaitu Kim Pan-gon yang saat ini melatih Malaysia.

Namun, situasi tersebut kemungkinan terjadi di fase gugur. Peluang Timnas Indonesia bertemu Malaysia bisa saja terjadi di semifinal atau final Piala AFF 2024.