Bawa Timnas <i>Runner Up</i> Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Dapat Perintah Khusus dari Jokowi
Shin Tae-yong (Instagram @shintaeyong7777)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia mampu membuktikan ketangguhan mereka di Piala AFF 2020  hingga mencapai posisi runner up. Pencapaian itu tak lepas dari campur tangan sang juru taktik, Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu mampu memupuk mentalitas Skuat Garuda yang mayoritas diisi pemain muda. Usai berlaga di kompetisi sepak bola bergengsi se Asia Tenggara itu, Shin Tae-yong langsung dapat perintah khusus dari Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Dikutip dari media Korea Selatan, Yonhap, Selasa, 4 Desember, sang pelatih awalnya mengungkap bahwa Jokowi memberikan ucapan selamat atas apa yang dikerjakannya. Ucapan itu disampaikan melalui Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Kita sudah berjuang dengan sangat baik," ucap Shin Tae-yong menirukan komentar Jokowi.

Tapi ternyata bukan hanya itu, Jokowi juga menitipkan pesan khusus untuk Shin Tae-yong. Pesan itu berupa perintah agar setelah kompetisi AFF, Shin Tae-yong bisa semakin konsentrasi untuk mempersiapkan agenda besar lain yaitu Piala Dunia U-20.

"(Jokowi meminta) berkonsentrasi mempersiapkan Piala Dunia U-20 2023 dari sekarang," kata pelatih 51 tahun itu menambahkan.

Gelaran Piala Dunia U-20 akan digelar pada tahun 2023, di mana Indonesia mendapat kesempatan sebagai tuan rumah.

Dengan momen itu, Shin Tae-yong jelas harus membuat pencapaian terbaik. Sebab bukan cuma mempertahankan status baik sebagai tuan rumah, tapi juga sebagai pencapaian puncak kariernya.

Kontrak Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia sendiri memang akan berakhir setelah agenda ini. Bahkan, saat pertama kali bekerja sama, target utama Shin Tae-yong memang diproyeksi untuk tampil di Piala Dunia U-20.

Dengan latar belakang itu, Shin Tae-yong tetap percaya diri untuk bertahan di Indonesia meski Piala AFF 2020 rampung digelar. Pasalnya, ia pun masih terikat kontrak hingga akhir tahun 2023.