Keren! Shin Tae-yong Masuk Nominasi Pelatih Terbaik Piala AFF 2020
Shin Tae-yong (Instagram @shintaeyong7777)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar positif kembali menghampiri timnas Indonesia pasca tampil di Piala AFF 2020. Setelah dinobatkan sebagai tim paling fair play, kini giliran Shin Tae-yong yang dibuntuti prestasi apik.

Pelatih asal Korea Selatan itu baru saja masuk dalam nominasi pelatih terbaik di Piala AFF 2020. Shin Tae-yong bersaing dengan tiga pelatih hebat lainnya yaitu, Alexandre Polking (Thailand), Tatsuma Yoshida (Singapura), dan Park Hang Seo (Vietnam).

Berdasarkan informasi yang dibagikan laman resmi AFF, posisi Shin Tae-yong berada di daftar teratas berdasarkan voting yang berlaku. Dari 3.189 suara yang memilih, Shin Tae-yong mendapatkan 53,15 persen suara, diikuti Hang Seo dengan 30,67 persen, Polking 13,77 persen dan Yoshida 2,41 persen.

Rilis di situs AFF juga menyebut Shin Tae-yong masuk dalam daftar nominasi karena racikan taktiknya berhasil membawa Tim Garuda melangkah jauh di turnamen dua tahunan tersebut. Di bawah asuhan Shin Tae-yong, timnas yang mayoritas berisi pemain muda sukses melangkah hingga ke babak final.

Selain itu, fleksibilitas Shin Tae-yong dalam meracik taktik di setiap pertandingan juga jadi tolok ukur sang pelatih masuk dalam nominasi. Shin Tae-yong dianggap sukses jadi pelatih yang strateginya sulit ditebak oleh tim-tim lawan di Piala AFF edisi ke-13 ini.

Namun, kerja keras Shin Tae-yong dan Skuat Garuda masih belum berbuah manis. Mereka harus puas pulang dengan status runner up setelah ditahan imbang 2-2 oleh Thailand di leg kedua babak final Piala AFF 2020, Sabtu 1 Januari lalu. 

Tim Gajah Perang berhak menyandang gelar juara setelah menang agregat 6-2 atas Asnawi Mangkualam dkk karena pada pertemuan pertama unggun telak 4-0.