Sarankan Penggunaan VAR di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong: Walau Pemain Tampil 100 Persen, Wasit Bisa Saja Menghancurkan Segalanya
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong ikut menyarankan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) dalam gelaran semifinal Piala AFF 2020. Hal itu diutarakan Shin Tae-yong setelah melalui leg pertama.

Dalam konferensi pers jelang leg kedua pada Jumat 24 Desember, pelatih asal Korea Selatan itu menyoroti kepemimpinan wasit di leg pertama. Hal utama yang disorot adalah soal insiden Ricky Kambuaya yang dijatuhkan di kotak terlarang.

Selain menyoroti jalannya laga Indonesia melawan Singapura, Shin Tae-yong juga menyoroti duel Thailand kontra Vietnam yang juga dirasa berjalan timpang.

"Itu (insiden di leg pertama) 100 persen penalti tetapi tendangan bebas yang diberikan. Vietnam juga seharusnya mendapat penalti, tetapi tidak diberikan," kata Shin Tae-yong.

"Untuk meningkatkan kualitas turnamen ini, perlu peningkatan kualitas lebih, wasit dan juga VAR," tutur Shin Tae-yong menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Shin Tae-yong menilai kehadiran VAR akan meminimalisir kesalahan wasit karena ada kesempatan meninjau ulang insiden yang terjadi di lapangan.

"Kalau pendapat saya (di semifinal AFF 2020) sangat membutuhkan VAR. Sebagai manusia, kita tidak bisa melihat tepat 100 persen. Walau pemain tampil 100 persen, wasit bisa saja menghancurkan segalanya," katanya menegaskan.

Indonesia akan menghadapi Singapura dalam leg kedua semifinal Piala AFF yang selenggarakan Sabtu 25 Desember. Duel Indonesia vs Singapura sebelumnya berakhir imbang 1-1 sehingga peluang kedua tim untuk lolos ke final Piala AFF masih sama besar.