Bagikan:

JAKARTA - Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, diharapkan bisa tampil membela Skuad Garuda saat melawan Filipina. Untuk merealisasi hal itu, PSSI melalui Sekjen, Yunus Nusi mendesak agar Kemenpora dan Kemenkumham bisa membantu naturalisasi sang pemain kelar sesegera mungkin.

Laga Timnas Indonesia vs Filipina merupakan pertandingan kedua dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Laga itu akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 11 Juni 2024.

Sebelum itu, Timnas Indonesia lebih dulu melawan Irak pada 6 Juni 2024. Namun, mengingat waktu yang hanya tinggal beberapa hari lagi, Verdonk dipastikan absen di laga itu.

Pasalnya, saat ini naturalisasi sang bek baru rampung dibahas dalam raker Komisi X dan III DRP RI.

Walau demikian, masih ada waktu bagi Verdonk tampil di laga kedua melawan Filipina. Hanya saja, baik PSSI dan Kemenpora harus berlomba dengan waktu lantaran Yunus Nusi mengklaim pendaftaran pemain menghadapi Filipina ditutup pada Selasa, 4 Juni 2024, malam WIB.

"Lawan Irak kami belum bisa pastikan (Calvin Verdonk tampil). Mudah-mudahan memungkinkan lawan Filipina, kalau tidak salah terakhir hari Selasa pendaftarannya," kata Yunus Nusi di Jakarta dikutip pada Selasa, 4 Juni 2024.

"Kami minta ke Pak Menpora dan Pak Dirjen Kemenkumham untuk diproses secepatnya," ucap Yunus menambahkan.

Mengingat saat ini proses naturalisasi Verdonk baru ada di tahap persetujuan Komisi X dan Komisi III DPR RI, maka sang pemain masih harus melanjutkan proses berikutnya.

Untuk resmi menyandang status warga negara Indonesia (WNI), Verdonk yang juga diproses bersama Jens Raven masih harus menunggu hasil Rapat Paripurna DPR, Surat Keputusan Presiden (Keppres), pengambilan sumpah WNI, pembuatan KTP dan paspor, lalu pindah berkas federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Demi bisa mengejar kesempatan Verdonk tampil lawan Filipina, nyatanya segala proses itu harus rampung dalam satu hari dan dirasa mustahil. Pasalnya, tenggat pendaftaran pemain untuk pertandingan Indonesia vs Filipina jatuh pada Selasa, 4 Juni 2024.

Meski begitu Verdonk tetap optimistis. Ia mengaku siap bermain kapan pun untuk Timnas Indonesia.

"Saya tentu siap. Namun, saya belum tahu apakah proses (naturalisasi) sudah selesai. Jadi saya belum tahu bisa main atau tidak," kata Verdonk.