Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah negara-negara Eropa memanfatkan persiapan Euro 2024 dengan menggelar uji coba pada Selasa, 4 Mei 2024, WIB.

Tercatat, ada enam negara yang akan tampil di Euro 2024 mengadakan uji coba.

Skotlandia menghadapi Gibraltar yang dihelat di Stadion Algarve, Portugal. The Tartan Army, julukan Skotlandia, menang dua gol tanpa balas.

Dua gol itu disumbangkan Ryan Christie (58') dan Che Adams (85') dalam pertandingan yang terbilang timpang.

Skotlandia sangat mendominasi atas Gibraltar dengan koleksi 77 persen penguasaan bola, 25 tembakan, dan lima sepakan terarah. Gibraltar cuma berhasil mengancam satu kali dari 23 persen penguasaan bola.

Laga uji coba peserta Euro 2024 berikut ialah Kroasia. Ivan Perisic dan kolega menghadapi Macedonia Utara di Stadion HNK Rijeka.

Kroasia menunjukkan efektivitasnya dalam pertandingan tersebut. Mereka menang 3-0 lewat sumbangsih brace Lovro Majer (10' dan 45') serta Marco Pasalic (79').

Kroasia tampil dominan dengan 63 persen penguasaan bola. Mereka mencetak tiga gol dari empat tembakan tepat sasaran yang diciptakan.

Berikutnya, tim yang menjadi sorotan, Inggris, juga melakoni uji coba. Bosnia-Herzegovina menjadi lawan.

Anak asuh Gareth Southgate tampil trengginas meski tak diperkuat sejumlah pilar akibat masalah kebugaran, plus absennya Jude Bellingham karena masih diberi libur.

Meski demikian, Three Lions tetap perkasa. Tampil dengan 71 persen penguasaan bola, Inggris menekuk Bosnia-Herzegovina 3-0.

Hanya saja, Inggris baru bisa memecah kebuntuan pada babak kedua melalui Cole Palmer (60') dari titik penalti. Dua gol sisanya dicetak pada pengujung laga melalui Trent Alexander-Arnol (85') dan Harry Kane (89').

Efekivitas sepertinya masih menjadi masalah pasukan Southgate. Pasalnya, mereka bisa mencetak 25 peluang, tapi cuma delapan yang terarah.

Bergeser ke laga lain, ada duel sesama peserta Euro 2024. Sang tuan rumah Euro 2024, Jerman, melakukan uji coba melawan Ukraina di Stadion Max-Morlock.

Jerman punya masalah dalam penyelesaian akhir. Bermain begitu dominan dengan 62 persen penguasaan bola, mereka bisa menciptakan 27 peluang.

Namun, cuma lima yang mengarah ke gawang dan tidak satu pun berhasil menjadi gol.

Terakhir, ada Albania yang beruji coba kontra Liechtenstein. Laga berakhir 3-0 untuk Armando Broja dan kawan-kawan.

Broja, yang merupakan striker Chelsea, menyumbang satu gol pembuka di laga itu pada menit ke-31. Dua gol Albania lainnya dicetak oleh Jasir Asani (47') dan Ernest Muci (67').