Bagikan:

JAKARTA - Skuad Inggris bertolak ke Jerman pada Senin sore, 10 Juni 2024, waktu setempat untuk menatap Euro 2024.

Sebelum terbang, penggawa Three Lions menyapa para suporter yang sudah menunggu di bandara.

Beberapa bintang termasuk Harry Kane, Ollie Watkins, Declan Rice, dan Aaron Ramsdale terlihat sedang menyantap minuman panas sebelum keberangkatan.

Bintang lain termasuk Jude Bellingham, Eberechi Eze, dan Mainoo menyusul setelah memberikan beberapa tanda tangan untuk para penggemar.

Tim terlihat mengenakan pakaian serbahitam saat menaiki pesawat.

Skuad Inggris asuhan Gareth Southgate berharap bisa tampil lebih baik dari Euro sebelumnya ketika mereka kalah dari Italia pada partai final melalui adu penalti di Stadion Wembley.

Southgate, yang menolak mengatakan apakah ini akan menjadi turnamen terakhirnya sebagai pelatih, terbilang berani dalam pemilihan skuadnya yang berisi 26 pemain.

Pemain seperti Harry Maguire dan Jack Grealish tidak disertakan. Southgate lebih memilih Kobbie Mainoo, Cole Palmer, dan Adam Wharton yang akan menjalani debut bersama Three Lions di turnamen resmi.

Penggawa Three Lions terpilih memikul beban berat. Mereka diharapkan bisa memenangi turnamen internasional besar pertama sejak Inggris juara Piala Dunia 1966.

Terlepas dari itu, skuad Inggris sudah memiliki basecamp bintang lima Golfresort Weimarer Land, dekat Kota Blankenhain di Jerman Timur.

Menurut laporan FA (Federasi Sepak Bola Inggris), basecamp itu menghabiskan 800 ribu pound atau sekitar Rp16,6 miliar yang dipakai selama Euro 2024.

Setelah beradaptasi dengan lingkungan Jerman, Southgate menjadwalkan sesi latihan pertama tim pada Selasa, 11 Juni 2024, waktu setempat.

Inggris memulai perjalanan di Euro 2024 pada Minggu, 16 Juni 2024, melawan Serbia di Gelsenkirchen.

The Three Lions kemudian akan melawan Denmark di Frankfurt pada 20 Juni 2024 sebelum pertandingan grup terakhir melawan Slovenia di Cologne pada 25 Juni 2024.

Sejak perjalanan kualifikasi hingga November 2023, Inggris belum dalam kondisi ideal menjelang Euro 2024.

Beberapa uji coba pun berakhir minor. Pada Maret 2024, Inggris kalah 0-1 dari Brasil dan seri 2-2 kontra Belgia.

Three Lions baru bisa menang di uji coba pada 3 Juni 2024 ketika menghajar Bosnia-Herzegovina 3-0. Hanya saja, performa mereka ternyata belum konsistan karena kembali kalah pada uji coba terakhir melawan Islandia dengan skor 0-1 pada Jumat, 7 Juni 2024.