Bagikan:

JAKARTA - Kongres Biasa PSSI 2024 dihelat di Hotel Shangri-La pada Senin, 10 Juni 2024.

Salah satu hasil Kongres tersebut ialah transformasi kompetisi di Tanah Air. Selain perubahan manajerial dan pelaksanaan liga yang dikelola PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), PSSI mendesak membentuk Liga 4 sebagai bentuk terobosan .

Liga 4 rencananya akan digelar untuk dua tahun ke depan. Kompetisi tersebut menjadi opsi mencari bibit-bibit terbaik pesepak bola Indonesia. Soalnya, kompetisi sepak bola Indonesia saat ini masih kurang secara kuantitas.

"Liga harus bisa bertransformasi. Ada yang salah jika liga kita sekarang nomor 28 di Asia dan nomor enam di Asia Tenggara."

"Jika Liga 1 dan 2 harus bertransformasi maka Liga 3 dan 4 harus terus didorong dengan perbaikan manajemen liga."

"Karena itu, saya minta seluruh stakeholder mendukung niat baik ini. Harus ada terobosan. Jika ada yang tidak mau, ya, jangan salahkan tertinggal," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Saat ini, kompetisi sepak bola Indonesia hanya ada di Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Kehadiran Liga 4 pun untuk menaikkan terobosan di sepak bola Indonesia.

Selain pembahasan Liga 4, Kongres Biasa PSSI juga membahas penambahan kuota pemain asing menjadi delapan setiap klub Liga 1 2024/2025.

Tujuannya, klub-klub Liga 1 2024/2025 bisa bersaing di Asia sehingga mampu menjadi indikator kenaikan peringkat kompetisi Indonesia.

PSSI sebenarnya sudah mulai meningkatkan nilai Liga 1 dengan memakai VAR sejak babak Championship Series Liga 1 2023/2204. Meski demikian, VAR saja tidak cukup dan harus ada beberapa terobosan ke depan.

"Kami sudah ada VAR, tetapi kami harus melakukan perbaikan sistem di kompetisi untuk tahun ini. Ini harus didukung oleh semua stakeholder yang mempunyai niat baik untuk sepak bola Indonesia," ungkap Erick Thohir.

Tingkat kompetisi jelas berdampak terhadap prestasi Timnas Indonesia. Selain itu, para suporter juga akan merasakan dampak positif dengan kemajuan kompetisi-kompetisi di Indonesia.

"Ketika suporter ingin pulang ke rumah tentu saja harus selamat. Ini tanggung jawab dari kompetisi dan klub. Jadi, kami akan terus melakukan terobosan."

"Kami harus berjalan cepat seperti kereta cepat di mana penumpangnya merasakan kenyamanan dan selamat sampai tujuan," tutur Erick Thohir.

Kongres Biasa PSSI 2024 diikuti 31 perwakilan Asosiasi Provinsi (asprov), 15 perwakilan Liga 1, 12 dari Liga 2, dan 13 tim Liga 3, serta empat dari asosiasi.