Apresiasi Dukungan Pemerintah kepada Sepak Bola Nasional, Ketum PSSI: Sangat Luar Biasa
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam sambutannya pada Kongres Biasa 2022 di Bandung (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PSSI mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap persepakbolaan nasional yang membuat banyak kegiatan di lapangan hijau dapat bergulir meski dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Dukungan serta perhatian dari Bapak Presiden Joko Widodo melalui Bapak Menpora Zainudin Amali sangat luar biasa kepada PSSI," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam sambutannya pada Kongres Biasa 2022 di Bandung, Senin, dikutip Antara.

Menurut Iriawan, tanpa sokongan pemerintah, PSSI sulit membuat pemusatan-pemusatan latihan tim nasional Indonesia baik kelompok umur maupun senior.

Pemerintah dipandang PSSI juga mendukung kembalinya gairah sepak bola Indonesia dengan memberikan bantuan untuk terselenggaranya turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Piala Menpora itu dinilai penting lantaran menjadi kompetisi sepak bola profesional pertama pada masa pandemi COVID-19.

Turnamen tersebut terlaksana dengan baik dan menjadi pembuka jalan bagi berlangsungnya kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 Indonesia, Liga 1 EPA, Piala Pertiwi Piala Soeratin serta sepak bola pantai.

Namun PSSI tetap mengharapkan pemerintah mendukung kompetisi 2022 yang bakal dihadiri penonton.

"Kami menyerahkan kepada pemerintah berapa persen penonton yang dapat hadir di stadion," kata Iriawan.

Kongres Biasa PSSI 2022 dimulai pukul 14.00 WIB di Bandung dan dibuka oleh Menpora Zainudin Amali serta dihadiri perwakilan KONI, KOI, FIFA, AFC dan AFF.

PSSI dan 87 pemilik suara membicarakan beberapa hal seperti laporan kegiatan dan keuangan tahun sebelumnya serta rencana kegiatan serta anggaran untuk tahun 2022.