Penantian 23 Tahun Nottingham Forest Promosi ke Premier League Inggris Berakhir, Cek Fakta-fakta Menariknya
Nottingham Forest promosi ke Premier League Inggris. (Foto: Twitter @NFFC)

Bagikan:

JAKARTA - Nottingham Forest mengakhiri penantian 23 tahun untuk bisa promosi ke Premier League Inggris. Tiket promosi didapat seelah mengalahkan Huddersfield dengan skor 1-0 pada final play-off Divisi Championship di Stadion Wembley, London, Minggu, 29 Mei.

Kemenangan Forest lahir berkat gol bunuh diri dari Levi Colwill pada menit 43 yang berawal dari tendangan gelandang James Gardner. Nottingham melengkapi tiga tim yang promosi ke kasta tertinggi kompetisi Inggris, menyusul Fulham dan Bournemouth.

Dikutip Antara dari Sky Sports, Nottingham Forest tercatat terakhir kali bermain di Premier League Inggris musim 1998/1999. Setelah itu, mereka terdegradasi ke Divisi Championship.

Ini merupakan gap terpanjang di antara kampanye kompetisi teratas dalam sejarah Liga Inggris, demikian yang dilansir Opta.

Lolosnya Nottingham ini tak lepas dari "tangan dingin" Steve Cooper. Dia mampu memberikan racikan dashyat yang membuat permainan The Forest.

Masih dilansir dari Opta, persentase kemenangan Cooper dari 45 pertandingan yang dilakoni bersama Nottingham adalah 60 persen. Rinciannya adalah 27 kali menang, 10 kali imbang dan 8 kalah.

Ini merupakan rasio kemenangan terbaik yang pernah diraih manajer Nottingham Forest sepanjang klub bergabung dengan Liga Inggris pada 1892-93 (minimal dalam 15 pertandingan).