Kiper Manuel Neuer Gagal Perkuat Jerman di Laga Uji Coba Lawan Perancis dan Belanda
Kiper Jerman Manue Neuer. (X/@DFB_Team)

Bagikan:

JAKARTA - Kiper Manuel Neuer terpaksa menunda keinginan kembali membela tim nasional Jerman di laga uji coba. Neuer mengalami cedera otot sehingga dirinya absen menghadapi Perancis dan Belanda.

Neuer masih belum bisa bermain untuk Jerman. Kiper berusia 37 ini sesungguhnya telah pulih dari cedera panjang sehingga bisa kembali memperkuat Bayern Munchen di kompetisi Bundesliga Jerman dan Liga Champions.

Setelah kembali bermain di klub, pelatih timnas Julian Nagelsmann memanggil Neuer saat Jerman melakoni uji coba melawan Perancis di Stadion Groupama, Minggu, 24 Maret 2024 dini hari WIB.

Selanjutnya, Die Mannschaft menjamu rival bebuyutan Belanda di Stadion Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Rabu, 27 Maret 2024 dini hari WIB.

Hanya saja Neuer terpaksa menunda keinginan bermain untuk timnas. Gara-garanya, dia mengalami cedera saat menjalani latihan. Klub juga belum bisa memastikan kapan Neuer bakal kembali bermain.

Dengan absennya Neuer, kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen bakal menjadi pilihan pertama. Bahkan Nagelsmann kemungkinan memilih dia sebagai kiper utama di Euro 2024 yang digelar di negara sendiri.

Apalagi Neuer sudah termasuk veteran dengan usianya yang hampir 40. Neuer merupakan salah satu dari dua pemain veteran yang mendapat panggilan timnas.

Selain dirinya, Nagelsmann memanggil kembali gelandang veteran Real Madrid Toni Kroos. Kroos sesungguhnya sudah pensiun dari timnas pada 2021.

Namun dirinya diminta membatalkan pensiun dan kembali bergabung dengan timnas. Permintaan Nagelsmann dipenuhi Kroos dan dia kembali masuk skuat yang dipersiapkan tampil di Euro 2024.

"Saya tak berpikir saya harus membuktikan kepada siapa pun [bahwa pantas dipanggil timnas]. Saat pelatih timnas meminta saya untuk bermain di turnamen ini, tentu saya harus fokus bagaimana membantu tim," ujar Kroos

"Saya bertanya pada diri sendiri apakah mampu melakukannya, yaitu membantu tim. Saya pastikan bisa. Dan pelatih timnas yakin itu yang menjadi jawaban saya," katanya.

Kroos pernah menjadi pilar lini tengah Jerman. Pemain yang membawa Madrid memenangi Liga Champions sebanyak empat kali ini memiliki 106 caps. Kroos turut berperan mengantarkan Jerman menjadi juara di Piala Duia 2014.

Dirinya terakhir kali bermain untuk Jerman pada Euro 2020. Setelah Jerman disingkirkan Inggris di perempat final, Kroos mengumumkan pensiun dari timnas.

Apalagi, gaya bermain dia mendapat kritikan sudah tidak sesuai dengan sepak bola modern. Namun Kroos malah diminta kembali oleh Nagelsmann.