Toni Kroos dan Enam Pemain Baru Dipanggil, Nagelsmann Rombak Timnas Jerman
Timnas Jerman mengalami perombakan menjelang uji coba melawan Perancis dan Belanda. (X/@DFB_Team)

Bagikan:

JAKARTA - Perombakan besar-besaran tim nasional Jerman saat melakoni uji coba melawan Perancis dan Belanda. Pelatih Julian Nagelsmann benar-benar memanggil kembali gelandang veteran Toni Kroos. Selain itu enam pemain baru masuk skuat Die Mannschaft.

Nagelsmann pernah menyatakan keinginannya kepada Kroos agar bersedia kembali ke timnas. Meski usianya sudah 36, namun Kroos tetap menunjukkan konsistensinya di Real Madrid.

Kroos terakhir kali memperkuat Jerman pada Juli 2021. Selanjutnya, dia mengumumkan pensiun dari timnas. Hanya, pengalaman dan senioritas Kroos masih sangat dibutuhkan timnas yang butuh dirigen untuk mengatur irama permainan tim.

Keinginan Nagelsmann mendapat respons positif dari Kroos. Pada Februari lalu, dia menyatakan kembali ke timnas.

Kroos pun kembali masuk skuat saat Jerman melakoni uji coba sebagai persiapan menghadapi Euro 2024 yang digelar di negara sendiri.

Pemain senior yang tetap dipertahankan Nagelsmann tak lain kiper Manuel Neuer. Kiper Bayern Munchen ini sempat absen selama 15 bulan atau tak lama setelah Jerman tersingkir di Piala Dunia 2022 karena cedera kaki.

Setelah pulih, kiper berusia 37 ini kembali dipanggil. Hanya, Neuer tak lagi menjadi kapten tim. Ban kapten sudah diserahkan kepada gelandang Barcelona Ilkay Gundogan.

Selain itu, Nagelsmann memanggi trio Stuttgart, Deniz Undav, Maximilian Mittelstaedt dan Waldemar Anton, yang bermain cemerlang di klub.

Mereka untuk kali pertama mendapat panggilan timnas. Pemain yang juga melakukan debut bersama Nationalelf di antaranya, bintang muda Bayern Munchen Aleksandar Pavlovic dan pemain depan Hoffenheim Maximilian Beier.

Sebaliknya, eks pelatih Bayern ini mencoret 11 pemain yang masuk skuat nasional pada November 2023.

Beberapa di antaranya merupakan langganan timnas seperti Leon Goretzka, Serge Gnabry, Mats Hummels dan Niklas Suele. Sedangkan Leroy Sane terpaksa dicoret karena terkena larangan bermain.

Nagelsmann memilih merombak skuat dan tak terpengaruh dengan nama besar pemain karena performa buruk Jerman selama persiapan menuju Euro 2024. Juara Eropa.tiga kali ini hanya mampu menang tiga kali dari 11 pertandingan uji coba sepanjang 2023.

Buntutnya Nagelsmann yang menggantikan Hansi Flick mendapat tekanan. Apalagi, persiapan tim kurang 100 hari lagi sebelum berlaga di putaran final.

Mereka juga tersingkir di babak penyisihan Piala Dunia 2022 Qatar. Jerman pun menjadi salah satu tim unggulan yang di luar dugaan gagal lolos ke babak knockout.

"Setelah pertandingan melawan Turki, kami harus melakukan perubahan. Ini dilakukan setelah kami memetik hasil kurang memuaskan. Setelah melakukan diskusi yang cukup panjang dan lama, kami memutuskan untuk merombak tim," ucap Nagelsmann.

Jerman melakoni uji coba melawan Perancis di Lyon pada 23 Maret 2024. Selanjutnya, mereka menjamu Belanda di Frankfurt.

Timnas Jerman

Kiper: Oliver Baumann (Hoffenheim), Bernd Leno (Fulham, Manuel Neuer (Bayern Munchen), Marc-Andre ter Stegen (Barcelona)

Belakang: Waldemar Anton (Stuttgart), Benjamin Henrichs (RB Leipzig), Joshua Kimmich (Bayern Munchen), Robin Koch (Eintracht Frankfurt), Maximilian Mittelstaedt (Stuttgart), David Raum (RB Leipzig), Antonio Rudiger (Real Madrid), Jonathan Tah (Bayer Leverkusen)

Tengah: Robert Andrich (Bayer Leverkusen), Jan Niklas-Beste (Heidenheim), Chris Fuehrich (Stuttgart), Pascal Gross (Brighton and Hove Albion), Ilkay Gundogan (Barcelona), Toni Kroos (Real Madrid), Jamal Musiala (Bayern Munchen), Aleksandar Pavlovic (Bayern Munchen), Florian Wirtz (Bayer Leverkusen)

Depan: Maximilian Beier (Hoffenheim), Niclas Fuellkrug (Borussia Dortmund), Kai Havertz (Arsenal), Thomas Mueller (Bayern Munchen), Deniz Undav (Stuttgart)