Peluang Nathan Tjoe-A-On Debut di Timnas Indonesia pada Bentrok Pertama vs Vietnam
Nathan Tjoe-A-On kemungkinan bela Timnas Indonesia di pertemuan pertama melawan Vietnam (Instagram/@nathantjoeaon).

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menanggapi peluang Nathan Tjoe-A-On tampil membela Timnas Indonesia di pertemuan pertama melawan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Naturalisasi Nathan selesai pada Senin, 11 Maret 2024. Dia sudah mengambil sumpah warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta.

Selesainya pengambilan sumpah, Nathan sejatinya telah resmi menjadi WNI. Dia lantas diharapkan bisa segera debut bersama Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Dokumen kewarganegaraan yang diperlukan untuk pendaftaran Skuad Garuda telah dimiliki Nathan. Hanya saja, Ketum PSSI menyebut masih ada beberapa hal yang perlu diurus agar Nathan bisa tampil bersama Skuad Garuda.

"Itu (Nathan bergabung dengan Timnas Indonesia tanggal 21 Maret 2024), tergantung nanti prosesnya. Ini(prosesnya) 'kan (masih) harus (mengurus) KTP, Paspor, pendaftaran. Ini masih ada proses, lho. Bukan berarti selesai," kata Erick Thohir di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 14 Maret 2024.

"Kalau Nathan (Tjoe-A-On, kemarin dengan proses (naturalisasi) yang sudah dijalankan, itu mudah-mudahan tanggal 21 (Maret 2024) kita pastikan KTP dan Paspor sudah keluar," ujarnya.

Sejatinya, Ketum PSSI optimistis Nathan bisa debut bersama Timnas Indonesia saat bentrok pertama melawan Vietnam.

Namun, Ketum PSSI menilai bahwa keputusan main atau tidaknya Nathan bukan ranahnya, melainkan kewenangan Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia.

Sementara itu, Ketum PSSI juga mengatakan bahwa dua nama pemain naturalisasi lain yaitu, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, juga tengah diupayakan untuk bisa segera bergabung Skuad Garuda.

Hanya saja, keduanya mungkin baru bisa bergabung pada pertemuan kedua melawan Vietnam di Stadion My Dinh, 26 Maret 2024.

"Ya, kami coba untuk Thom (Haye) dan Ragnar (Oratmangoen) itu bisa bergabung untuk melawan Vietnam di tanggal 26 Maret 2024," tuturnya.