Naturalisasi Nathan Tjoe-A-On Rampung, Persaingan Bek Kiri Timnas Indonesia Semakin Ketat
Nathan Tjoe-A-On bisa diplot sebagai bek kiri dan tengah (Instagram/@nathantjoeaon).

Bagikan:

JAKARTA - Nathan Tjoe-A-On resmi merampungkan proses naturalisasi seiring pengambilan sumpah warga negara Indonesia (WNI) pada Senin, 11 Maret 2024, malam WIB.

Kehadiran Nathan akan semakin meramaikan persaingan di posisi bek kiri Timnas Indonesia.

Melalui akun Instagram pribadinya, Nathan membagikan momen ketika dirinya melangsungkan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta. Dengan setelan jas hitam dan menggunakan kopiah, Nathan tak lupa mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang membantu kelancaran proses sumpahnya.

"Saya sampaikan terima kasih kepada semua yang telah membantu proses ini. Sampai jumpa pada pekan depan," tulis Nathan mengiringi unggahannya dengan emoji bendera Indonesia dan api.

Nathan sebelumnya sudah dijadwalkan mengambil sumpah WNI pada Desember 2023 bersama dengan Jay Idzes. Namun, agenda tersebut mundur karena bentrok dengan jadwal klubnya, Swansea City.

Setelah itu, Nathan sempat diagendakan mengambil sumpah WNI pada Januari 2024. Hanya saja, jadwal tersebut bergeser.

Nathan Tjoe-A-On resmi dipinjamkan ke klub Eredivise, SC Heerenveen, sejak Januari 2024 hingga akhir musim ini.

Bersama klub barunya itu, dia mendapat kelonggaran untuk bisa merampungkan naturalisasi dan bisa bergabung Timnas Indonesia.

Kehadiran Nathan Tjoe-A-On ini jelas membuat Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia mempunyai banyak opsi di bek sayap kiri.

Sebelum Nathan dipanggil, Shin Tae-yong sudah memiliki tiga pemain yang langganan bermain di pos kiri pertahanan Timnas Indonesia. Mereka ialah Pratama Arhan, Shayne Pattynama, dan Edo Febriansah.

Arhan kerap tampil sebagai pilihan utama meski ia jarang menjadi pemain inti di klubnya. Hal itu terbukti ketika Arhan tetap jadi andalan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.

Lalu, Shayne Pattynama sejatinya disiapkan sebagai pilar utama bek kiri. Hanya saja, kondisinya yang lebih sering cedera membuat Shayne harus bergeser menjadi pelapis.

Sejak debut saat Timnas Indonesia melawan Argentina pada 2023, Pattynama baru tampil enam kali.

Ketika Piala Asia 2023 di Qatar, pemain 25 tahun ini tak maksimal membela Merah-Putih karena ibunya sakit. Selama Piala Asia 2023, Pattynama hanya tampil sekali saat melawan Australia di babak 16 besar.

Kemudian ada Edo Febriansah. Pemain Persib Bandung ini lebih sering dijadikan pelapis oleh pelatih. Dia dominan dimainkan sebagai pemain pengganti atau pemain inti dalam laga uji coba yang tak menentukan.

Nah, kehadiran Nathan membuat Shin Tae-yong kian kaya dalam dalam meramu skuad. Apalagi dalam waktu dekat Timnas Indonesia akan tampil melawan Vietnam di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Selain menambah sengit persaingan bek kiri, Nathan juga bisa diplot bermain di jantung pertahanan.

Nathan Tjoe-A-On diharapkan bisa cepat beradaptasi mengingat agenda Timnas Indonesia melawan Vietnam sudah dekat.

Dia akan mengikuti pemusatan latihan pada 17 Maret 2024. Sementara laga Skuad Garuda vs Vietnam akan digelar pada 21 Maret dan 26 Maret 2024.