Nathan Tjoe-A-On Resmi Menjadi WNI
Nathan Tjoe-A-On saat pengambilan sumpah WNI (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Nathan Tjoe-A-On sudah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah pengambilan sumpah dan janji setia di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta pada Senin, 11 Maret 2024.

"Nathan sudah diproses juga untuk mendapatkan paspor dan KTP sebagai WNI. Satu langkah lagi yaitu mengurus perpindahan federasi agar Nathan bisa membela Timnas Indonesia."

"Terima kasih atas dukungan semua lembaga yang membantu proses berjalan dengan baik," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Setelah menjadi WNI, pemain yang saat ini bergabung di klub SC Heerenveen tersebut berpeluang besar melakukan debut bersama Timnas Indonesia saat melawan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pada pertemuan pertama, Skuad Garuda terlebih dahulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, 21 Maret 2024.

Kemudian, perjumpaan kedua digelar di markas Vietnam, Stadion My Dinh, pada Selasa, 26 Maret 2024.

Nama Nathan pun sejatinya sudah masuk skuad saat Shin Tae-yong merilis 28 pemain untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Terlepas dari itu, naturalisasi Nathan sejatinya berbarengan dengan Jay Idzes. Namun, bek 22 tahun itu tertunda pengambilan sumpahnya karena klubnya, Swansea City, tak bisa melepasnya.

Saat ini, Nathan dipinjamkan ke SC Heerenveen sejak Januari 2024 hingga akhir musim ini. Dia bergabung Thom Haye yang sebentar lagi naturalisasinya bakal rampung.

Bersama Heerenveen, Nathan baru mendapat satu kali kesempatan bermain sebagai pemain pengganti.