Bagikan:

JAKARTA - Barcelona lolos ke perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan Napoli. Pada laga kedua babak 16 besar di Stadion Olimpic Lluis Companys, Barcelona, Rabu, 13 Maret 2024 dini hari WIB, Barca menang 3-1 atas Napoli.

Barcelona harus bekerja keras mengatasi perlawanan Napoli. Meski demikian, Barca akhirnya lolos setelah mencetak dua gol yang menentukan langkah mereka ke babak berikutnya.

Barca pun hanya butuh dua menit untuk memborong gol-gol kemenangan tersebut. Meski Napoli sempat memperkecil ketinggalannya, namun Barca tetap lolos ke perempat final.

Dari hasil pertandingan itu, Barca unggul agregat 4-2. Pasalnya pada pertemuan pertama di kandang Napoli, mereka bermain imbang 1-1.

Dalam duel tersebut, pelatih Barca Xavi Hernandez membuat gebrakan dengan menurunkan dua pemain, Lamine Yamal dan Pau Cubarsi, yang masih berusia 17 tahun sebagai starter.

Barca pun menjadi tim pertama dalam sejarah Liga Champions yang menurunkan dua anak muda sejak awal pertandingan. Saat ini Yamal berusia 16 tahun 243 hari dan Pau Cubarsi berusia 17 tahun 50 hari dimainkan sejak menit pertama.

Cubarsi sendiri menjadi bagian dari skuat Spanyol U-17 yang berlaga di Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia.

Barca mengawali laga dengan baik. Meski Napoli sesungguhnya unggul dalam penguasaan bola, namun Barca bermain lebh efektif.

Terbukti, tuan rumah sudah langsung unggul saat laga memasuki menit 15. Gol dihasilkan Fermin Lopez setelah menyelesaikan assist Raphinha.

Gol itu langsung menaikkan adrenalin pemain Barca. Mereka bermain ofensif demi memperbesar keunggulan. Hasilnya memang tidak sia-sia.

Hanya berselang dua menit, Blaugrana kembali mencetak gol. Kali ini, Joao Cancelo yang membobol gawang Napoli. Berawal dari sebuah serangan balik yang berujung dengan sepakan Raphinha.

Sayangnya, upaya pemain tim nasional Brasil ini masih membentur tiang gawang.

Namun Cancelo menunjukkan reaksi cepat saat bola menjadi liar. Dirinya langsung menyambar bola yang membobol gawang l Partenopei.

Tertinggal 2-0 dalam tempo dua menit tak membuat Napoli menyerah. Mereka berusaha mengejar ketinggalan dengan bermain terbuka.

Serangan juara Serie A Italia ini langsung memberi hasil di menit 30. Bek Amir Rrahmani sukses menaklukkan kiper Marc-Andre ter Stegen setelah menuntaskan assist dari Matteo Politano.

Skor berubah menjadi 2-1 masih untuk Napoli. Tidak ada lagi gol yang tercipta hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Barca tetap bermain ofensif. Hanya saja harapan tuan rumah untuk menambah gol tak kunjung tiba. Serangan mereka beberapa kali kandas di barisan pertahanan Napoli.

Upaya Barca akhirnya memberi hasil saat pertandingan tersisa enam menit dalam waktu normal. Striker Robert Lewandowski memantapkan keunggulan Barca setelah menyambut umpan matang dari Sergi Roberto.

Gol Lewandowski tercipta di menit 84. Skor berubah menjadi 3-1 untuk Barca sekaligus menutup laga di 16 besar itu.