Selamatkan Napoli di Liga Champions, Osimhen Gagalkan Kemenangan Barcelona
Barcelona gagal menang setelah ditahan Napoli di pertandingan 16 besar Liga Champions. (X/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Napoli lolos dari kekalahan di laga pertama babak 16 besar Liga Champions. Tampil di kandang sendiri di Stadion Diego Armando Maradona, Kamis, 22 Februari 2024 dini hari WIB, Napoli bermain imbang 1-1 melawan Barcelona. Striker Victor Osimhen yang menggagalkan kemenangan Barca.

Barca nyaris memenangkan laga tandang di Liga Champions. Hanya saja keunggulan lewat gol Robert Lewandowski gagal dipertahankan sampai akhir laga.

Napoli yang tertinggal lebih dulu berhasil menyamakan kedudukan sehingga harapan mereka untuk lolos ke perempat final tetap terbuka. Hasil imbang itu setidaknya menjadi debut cukup bagus bagi pelatih Francesco Calzona yang menggantikan Walter Mazzarri.

Sebaliknya, hasil imbang itu menjadi kerugian bagi Barca. Namun peluang Blaugrana belum tertutup.

Nasib kedua tim akan ditentukan pada laga kedua yang digelar di kandang Barca di Stadion Olímpic Lluis Companys, 13 Maret 2024 dini hari WIB. Baik Barca maupun Napoli harus memenangkan laga itu demi mendapatkan tiket ke perempat final.

Dalam duel dari dua tim juara liga tetapi sama-sama terpuruk di kompetisi domestik musim ini, Barca mengambil inisiatif menyerang. Bintang muda Lamine Yamal sudah langsung mengancam kiper Alex Meret. Namun upayanya digagalkan Meret.

Selanjutnya Meret kembali menyelamatkan gawang saat memblok tendangan Lewandowski dengan kakinya.

Penyerang tim nasional Polandia ini kembali mendapat peluang saat menyambut sepak pojok Ilkay Gundogan. Namun lagi-lagi peluang itu digagalkan Meret.

Napoli baru bangkit mulai menit 25. Hanya saja serangan mereka tak pernah membuahkan hasil. Sampai akhir babak pertama tidak ada serangan membahayakan dari I Partenopei. Begitu pula ancaman Barca mengalami penurunan.

Di babak kedua, Barca kembali pada permainan semula. Tim asuhan Xavi Hernandez bermain terbuka dengan menekan pertahanan Napoli.

Hasilnya, Barca mampu memecah kebuntuan setelah Lewandowski membobol gawang Napoli di menit 60.

Berawal dari aksi Pedri yang membawa bola dan mengecoh bek Amir Rrahmani sebelum melepaskan umpan kearah Lewandowski.

Kesempatan emas itu pun dituntaskan dengan baik oleh eks penyerang Bayern Munchen ini.

Hanya keunggulan Blaugrana tak bertahan lama. Napoli berhasil menyamakan skor 15 menit kemudian.

Gol dihasilkan Osimhen setelah dirinya menaklukkan bek Inigo Martinez untuk menyambut umpan Andre Frank Zambo Anguissa dan melepaskan tendangan ke gawang. Skor berubah 1-1.

Gol Osimhen sempat menaikkan adrenalin pemain Napoli. Mereka menekan habis-habisan pertahanan Barca. Tercatat tuan rumah mendapat dua peluang melalui Anguissa dan Giovanni Simeone.

Hanya saja dua peluang itu gagal dikonversi menjadi gol. Skor imbang pun tak berubah sampai akhir laga.