Bagikan:

JAKARTA - Barcelona dan Napoli akan bertemu lagi dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada hari Selasa, 12 Maret di mana hanya satu tim yang bisa melaju ke perempat final. Laga ini pun layak disebut derbi Maradona, lantaran kedua klub itu pernah dibela oleh legenda Argentina itu.

Napoli sebagai Juara Serie A musim lalu akan mengunjungi juara La Liga musim lalu, Barcelona,  di kandang sementara mereka di Montjuic, setelah bermain imbang 1-1 di Napoli akhir bulan lalu.

Gol Robert Lewandowski di Napoli menjaga rekor tak terkalahkan Barcelona melawan klub Italia, yang sekarang harus merebut kemenangan pertama atas Blaugrana untuk lolos dalam laga dua leg itu.

Meskipun 'derby Maradona' adalah pertandingan yang jarang dimainkan hingga akhir-akhir ini, Barcelona dan Napoli telah beberapa kali bertemu dalam kompetisi UEFA selama beberapa tahun terakhir, di mana kedua tim mencetak gol dalam setiap pertemuan.

Setelah mengandalkan pahlawan yang kembali, Victor Osimhen, untuk menyelamatkan hasil imbang pada leg pertama di Stadion Maradona bulan Februari - setelah gol pembuka Lewandowski - Napoli masih harus mampu mencatatkan kemenangan pertama mereka atas lawan Spanyol mereka setelah tujuh kali percobaan.

Mereka juga menahan imbang Barcelona 1-1 dalam kunjungan terakhir mereka ke Catalonia, pada bulan Februari 2022, tetapi kalah satu minggu kemudian di kandang, ketika kedua tim bertemu dalam fase gugur Liga Europa.

Gol dari Jordi Alba dan Frenkie de Jong membawa Barcelona mengontrol jalannya pertandingan, meskipun Napoli mampu memperkecil defisit mereka - berkat penalti dari Lorenzo Insigne - tetapi tamu mencetak dua gol lagi, melalui Gerard Pique dan Pierre-Emerick Aubameyang; Gol Matteo Politano juga tidak mampu menghibur para penggemar Partenopei.

Beberapa tahun sebelumnya, keduanya juga bertemu dalam babak 16 besar Liga Champions, di mana pertandingan dua leg mereka dimainkan di sisi yang berbeda dari hiatus enam bulan akibat pandemi COVID-19.

Pada Februari 2020, gol dari Dries Mertens dan Antoine Griezmann membuat kedua tim berbagi poin di Napoli, tetapi hampir setengah tahun kemudian, di Camp Nou yang hampir kosong, Barcelona melaju ke perempat final dengan kemenangan 3-1 di leg kedua.

Pencetak gol untuk Barcelona dalam pertandingan tersebut adalah Clement Lenglet, Lionel Messi, dan Luis Suarez, yang semuanya dicetak papa babak pertama.

Masih ada waktu bagi Insigne untuk menjawab dari titik penalti, di akhir babak pertama yang penuh aksi, tetapi Napoli tidak bisa menutupi defisit lebih lanjut dan Barcelona menang dengan agregat 4-2.

Hanya sebelum musim yang malang itu dimulai pada 2019-20, Messi dinyatakan absen dari tur Amerika Serikat Barcelona karena cedera betis, tetapi itu tidak menghentikan rekan-rekannya memenangkan kedua pertandingan persahabatan yang bergengsi, yang diadakan di Florida dan Michigan.

Pada laga kali ini FC Barcelona menghadapi krisis cedera yang memburuk menjelang pertandingan leg kedua. Frenkie De Jong dan Pedri akan absen dalam skuat utama tuan rumah pada Selasa malam karena cedera.

Gavi yang menjadi korban cedera ACL juga bakal absen, sehingga Andreas Christensen dan Ilkay Gundogan mungkin akan bergabung dengan Fermin Lopez di lini tengah yang dipaksakan. Sementara Ferran Torres, Alejandro Balde, dan Marcos Alonso masih absen. Kehadiran Raphinha juga diragukan karena masalah pergelangan kaki, tetapi Ronald Araujo akan kembali setelah menjalani larangan bermain.

Lamine Yamal yang berusia 16 tahun menjadi pemain termuda yang tampil dalam pertandingan babak gugur Liga Champions, dan sekarang dia akan berusaha menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah kompetisi ini. Sementara, Robert Lewandowski yang usinya dua kali lebih tua dari bintang Napoli itu akan memimpin lini depan untuk Barcelona, setelah menghasilkan 18 keterlibatan gol dari 12 penampilan terakhirnya.

Sementara itu Di Napoli, gol penyama Victor Osimhen melawan Barcelona di leg 1 adalah gol ke-9 nya di Liga Champions. Jika mencetak satu gol lagi akan membuatnya menjadi pemain Nigeria paling produktif dalam kompetisi ini, melampaui Obafemi Martins. Pencetak gol terbanyak Napoli musim lalu harus memimpin trisula depan yang juga melibatkan Khvicha Kvaratskhelia dan Matteo Politano.

Jens Cajuste dan Cyril Ngonge mungkin akan absen karena cedera paha, sedangkan bek tengah Amir Rrahmani juga keluar lapangan dengan masalah serupa saat melawan Juventus. Namun Leo Ostigard siap menggantikan posisinya jika diperlukan.

Di lini tengah Napoli, Piotr Zielinski harus digantikan, karena dia tidak terdaftar untuk fase ini setelah menolak untuk menandatangani kontrak baru - pemain internasional Polandia tersebut diperkirakan akan bergabung dengan Inter Milan musim panas ini.

Catatan Pertemuan

Pertemuan sebelumnya: 7

Kemenangan Barcelona: 4

Imbang: 3

Kemenangan Napoli: 0

Pertemuan Sebelumnya:

21 Feb 2024: Napoli 1-1 Barcelona (Babak 16 Besar Liga Champions)

24 Feb 2022: Napoli 2-4 Barcelona (Playoff Kualifikasi Liga Europa)

17 Feb 2022: Barcelona 1-1 Napoli (Playoff Kualifikasi Liga Europa)

08 Ags 2020: Barcelona 3-1 Napoli (Babak 16 Besar Liga Champions)

25 Feb 2020: Napoli 1-1 Barcelona (Babak 16 Besar Liga Champions)

10 Ags 2019: Barcelona 4-0 Napoli (persahabatan)

07 Ags 2019: Napoli 1-2 Barcelona (persahabatan)

Pertemuan Liga Champions:

21 Feb 2024: Napoli 1-1 Barcelona (Babak 16 Besar Liga Champions)

Prakiraan Pemain:

Barcelona: Ter Stegen; Kounde, Araujo, Martinez, Cancelo; Gundogan, Christensen, Lopez; Yamal, Lewandowski, Felix

Napoli: Meret; Di Lorenzo, Ostigard, Jesus, Olivera; Anguissa, Lobotka, Traore; Politano, Osimhen,