Napoli Putus Rekor Kekalahan saat Lawan Braga dan Pastikan Tiket ke 16 Besar
Napoli lolos ke 16 besar Liga Champions setelah mengalahkan Braga 2-0 di laga terakhir penyisihan grup. (Twitter @ChampionsLeague)

Bagikan:

JAKARTA - Napoli akhirnya lolos ke 16 besar Liga Champions 2023/2024 setelah mengalahkan Braga 2-0 di laga terakhir penyisihan Grup C di Stadion Diego Armando Maradona, Rabu, 13 Desember 2023, dini hari WIB. Napoli juga memutus rekor kekalahan mereka.

Napoli tampil dengan membawa rekor buruk saat menjamu Braga. Bagaimana tidak, Napoli menelan tiga kekalahan beruntun di berbagai kompetisi.

Hanya, Napoli memang bertemu tim-tim elite di laga itu. Setelah kalah 4-2 lawan Real Madrid yang menunda peluang lolos ke 16 besar Liga Champions, Napoli kemudian kalah telak 3-0 dari Inter Milan. Terakhir, mereka harus mengakui keunggulan Juventus 1-0.

Rekor buruk itu tentu menjadi modal tak bagus saat menghadapi Braga. Namun, l Partenopei berhasil bangkit untuk keluar dari hambatan psikologis kekalahan dengan memenangkan laga penentuan.

Kemenangan itu menjadikan Napoli kukuh di peringkat dua dengan poin 10 sehingga lolos ke 16 besar mendampingi Madrid. Sedangkan Braga yang menduduki posisi tiga dengan poin empat mendapat kesempatan berlaga di Liga Europa.

"Lolos dari penyisihan grup merupakan target kami. Tentu kami layak lolos dan ini tentu hal yang bagus bagi kami," ucap kapten Napoli Giovanni Di Lorenzo.

"Hanya saja masih banyak yang harus dibenahi, terutama di beberapa aspek. Meski demikian kami tampil bagus sehingga ini memberi harapan di tahun baru," kata dia lagi.

Napoli sendiri memang hanya butuh imbang untuk lolos. Dengan keuntungan itu, mereka tetap bermain agresif demi memenangkan pertandingan.

Hasilnya pertandingan baru berjalan sembilan menit, Napoli sudah unggul lewat gol bunuh diri Serdar Saatci.

Gol itu berawal dari umpan silang Matteo Politano ke kotak penalti. Saatci yang berusaha menghalangi Politano malah melakukan kesalahan.

Bola mengenai tumitnya sehingga meluncur ke gawang sendiri dan gagal diselamatkan kiper Matheus meski kemudian dia bisa membuangnya. Namun wasit menilai bola sudah melewati garis gawang.

Unggul 1-0 menjadikan tuan rumah kian bersemangat menekan lawan. Napoli pun sukses menambah gol di menit 33. Striker Victor Osimhen membobol gawang Braga setelah menyelesaikan umpan silang Natan.

Ini menjadi gol pertama Osimhen di Liga Champions karena dirinya sempat absen di pertandingan Liga Champions karena cedera. Skor 2-0 untuk Napoli bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, pelatih Walter Mazzarri menarik Osimhen dan Politano. Pasalnya keunggulan dua gol sudah cukup bagi Napoli dan Braga kesulitan mengejar ketinggalan.

Hanya saja, serangan Napoli tak lagi menggigit setelah ditariknya Osimhen. Meski demikian, Napoli tetap bisa mengakhirinya dengan kemenangan. Mereka pun kembali ke jalur menang.