Napoli vs Frosinone: Partenopei Babak Belur di 16 Besar Coppa Italia
Napoli vs Frosinone berakhir 0-4 di 16 besar Coppa Italia (X/@sscnapoli).

Bagikan:

JAKARTA - Kejutan terjadi di babak 16 besar Coppa Italia antara Napoli vs Frosinone. Partenopei babak belur dengan kekalahan 0-4 di Stadion Diego Armando Maradona, Rabu, 20 Desember 2023, dini hari WIB.

Laga penuh kejutan. Frosinone yang sama sekali tak diunggulkan bikin heboh. Meski bermain di kandang lawan, I Canarini justru menunjukkan permainan terbaik dan lolos ke perempat final untuk menghadapi pemenang antara Juventus atau Salernitana.

Sebaliknya, Napoli berharap melanjutkan tren positif di Coppa Italia. Setelah menelan kekalahan 0-1 saat melawan Juventus, mereka berhasil bangkit dan mengalahkan Sporting Braga 2-0 di Liga Champions 2023/2024.

Kemenangan itu membawa I Partenopei lolos ke 16 besar mendampingi Real Madrid. Usai lolos di Liga Champions, Napoli kembali meraih kemenangan 2-1 atas Cagliari. Tambahan tiga poin ini membawa mereka ke peringkat kelima.

Namun, tren bagus itu dipatahkan Frosinone. Kekalahan telak itu tidak terlepas dari strategi pelatih Walter Mazzarri yang sepertinya meremehkan lawan.

Dirinya merombak skuat dan menurunkan pemain lapis kedua. Para pemain utama baru dimainkan pada babak kedua.

Striker Timnas Italia, Giacomo Raspadori, menjadi andalan menggantikan Victor Osimhen di lini depan. Begitu pula kiper Pierluigi Gollina mengambil alih posisi Alex Meret untuk berdiri di bawah mistar. Hasilnya, Gollina harus memungut bola sebanyak empat kali dari gawangnya.

"Tampaknya pemain pertama kami tak terbiasa saat mengawali laga dari bangku cadangan," ucap Mazzarri.

"Terus terang, kami tak pantas kalah karena mereka sudah berusaha keras mencetak gol. Saya tak suka dengan hasil pertandingan dan harus melakukan evaluasi," kata dia.

"Saya minta maaf kepada fans. Saat tertinggal 0-2 pun, kami masih berusaha karena kami adalah Napoli. Kekalahan ini memang tak bisa diterima," ujarnya.

Pertandingan memang berjalan ketat karena Frosinone memberi perlawanan. Napoli memang unggul dalam penguasaan bola. Tercatat, Raspadori nyaris mencetak gol pada menit ke-21. Namun, usahanya masih gagal.

Napoli sempat unggul saat Giovanni Simeone yang membobol gawang Frosinone. Hanya saja, gol anak dari pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, ini dianulir.

Pasalnya, setelah ditinjau lewat VAR, Jesper Lindstrom lebih dulu menyentuh bola. Babak pertama berakhir dengan skor tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, Mazzarri menurunkan hampir semua pemain pilar, di antaranya Giovanni Di Lorenzo, Khvicha Kvaratskhelia, Osimhen, dan Matteo Politano. Saat Napoli tampil dengan skuat terbaik, Frosinone justru mampu bangkit.

Frosinone berhasil memecah kebuntuan saat Enzo Barrenechea mencetak gol setelah menyelesaikan assist dari Luca Garritano pada menit ke-65.

Gol itu menjadikan pemain Frosinone kian bersemangat. Terbukti hanya berselang lima menit, Giuseppe Caso berhasil memperbesar keunggulan tim tamu menjadi 2-0.

Situasi kian buruk bagi Napoli. Bukannya mengejar ketinggalan, Napoli malah kena hukuman penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Di Lorenzo. Dirinya menjatuhkan Francesco Gelli di kotak terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih.

Striker Walid Cheddira, pemain pinjaman dari Napoli, sukses menuntaskan eksekusi penalti pada injury time.

Frosinone masih saja mencetak gol saat laga tersisa satu menit lagi. Kali ini, Abdou Harroui yang membobol gawang Napoli untuk keempat kalinya.

Laga 16 besar Coppa Italia 2023/2024 antara Napoli vs Frosinone berakhir 0-4.