Bagikan:

JAKARTA- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan persiapan timnya sebelum berangkat ke Turki untuk melakukan pemusatan latihan (TC) untuk bersiap di Piala Asia 2023.

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut Skuad Garuda bakal bertolak ke Turki pada Rabu, 20 Desember 2023, tapi jumlahnya memang belum lengkap.

“Persiapan Piala Asia 2023 dimulai hari ini. Kami kumpul dan besok (Rabu pagi) berangkat ke Turki. Setelah di Turki pun skuadnya belum lengkap karena belum semuanya datang,” kata Shin Tae-yong saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa, 19 Desember 2023, malam WIB.

Dalam agenda TC di Turki ini, Shin Tae-yong akan membawa 29 pemain. Dia mengatakan bahwa setelah semua pemain hadir secara lengkap, Shin baru akan menjalankan agenda latihan secara optimal pada awal tahun 2024.

“Jadi, nanti (setelah pemain kumpul) pasti kami akan memberikan materi latihan fisik dasar dan taktik. Setelah 1 Januari 2024 mungkin itu baru bisa memberikan pelatihan tim lebih baik secara taktikal,” lanjut sang pelatih.

Meski membawa 29 nama di agenda TC Turki, jumlah itu akan mengerucut menjadi 26 pemain. Jumlah itu masih lebih banyak dari jumlah entry by name yang ditetapkan Piala Asia 2023, yaitu 23 nama.

Saat menjalani TC di Tuki nanti, Timnas Indonesia juga akan menjalani sejumlah uji coba, salah satunya melawan Libya.

Sementara itu, Skuad Garuda akan melawan Iran ketika TC di Qatar. Dipilihnya dua negara itu sebagai lawan ternyata punya alasan tersendiri sesuai penjelasan Shin Tae-yong.

“Untuk Libya, memang menjadi lawan yang paling cocok saya rasa saat di Turki, makanya kami memilih mereka. Sedangkan untuk Iran, memang setelah ke Doha, hanya Iran yang bisa dilawan dan itu bisa jadi antisipasi kita untuk laga melawan Irak, laga pertama di Piala Asia 2023,” jelasnya.