Bagikan:

JAKARTA - Pemain PSM Makassar, Yance Sayuri, batal bergabung Timnas Indonesia dalam agenda pemusatan latihan (TC) di Turki. Namanya dicoret dan gagal berangkat dalam persiapan menuju Piala Asia 2023 karena kondisi yang tak memungkinkan.

Sejatinya, Shin Tae-yong telah memanggil 29 nama pemain untuk TC di Turki yang mulai digelar pada 20 Desember 2023. Yance Sayuri menjadi salah satu yang masuk daftar.

Ia mestinya bergabung dengan 18 pemain yang lebih dulu berangkat ke Turki pada Rabu pagi, 20 Desember 2023, setelah sehari sebelumnya berkumpul guna menjalani tes medis. Namun, saat hari keberangkatan, Yance malah urung berangkat karena masih dalam keadaan cedera.

“Shin Tae-yong awalnya memanggil 29 pemain untuk mengisi skuad Timnas Indonesia yang akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki. Namun, Yance Sayuri batal berangkat ke Turki karena masih mengalami cedera,” tulis PSSI dalam keterangan resminya dikutip pada Kamis, 21 Desember 2023.

Melihat kondisinya yang tak prima, Yance jelas terlempar dari daftar kandidat pemain yang bakal diturunkan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023 pada 12 Januari-10 Februari 2024 di Qatar.

Sebab, sebelumnya sang pelatih menyebut salah satu syarat pemain lolos ke tim utama ialah tidak mengalami cedera.

“Untuk masuk kriteria saya (di tim utama), yang pertama harus tidak ada cedera,” beber Shin Tae-yong soal kriteria pemain bidikannya.

“Mereka-mereka yang dicari juga yang harus mau berkorban untuk tim. Jadi, mereka-merekalah yang bisa masuk ke Timnas Indonesia nanti (di Piala Asia 2023),” lanjut sang pelatih.

Momen Yance gagal membela Timnas Indonesia bukan baru kali ini terjadi. Dia sempat mengalami situasi yang sama, yang mana gagal tampil menjelang menghadapi Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober 2023.