Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memanggil 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Turki. Agenda yang mulai berlangsung 20 Desember 2023 itu sebagai persiapan menjelang Piala Asia 2023 di Qatar.

Namun, dari 29 nama yang diboyong itu, nantinya hanya ada 26 pemain yang masuk daftar tim utama untuk tampil di Qatar.

Para pemain jelas harus tampil maksimal untuk membuktikan diri dengan adanya seleksi selama TC di Turki.

Soal kesempatan masuk tim utama, Shin Tae-yong dengan senang hati memberikan bocoran kriteria pemain yang bakal dipilihnya.

Dalam hal ini, pelatih asal Korea Selatan itu menyebut ada tiga aspek penting, paling utama ialah soal kondisi pemain yang harus fit.

“Untuk masuk kriteria saya, yang pertama harus tidak ada cedera,” ujar Shin Tae-yong di Jakarta pada Selasa, 19 Desember 2023, malam WIB.

Selain itu, pelatih berusia 53 tahun ini juga menyebut bahwa ia senang dengan pemain yang mau bekerja keras juga berkorban untuk tim.

Selama TC nanti, ia pun akan menyeleksi sedetail mungkin untuk melihat kriteria pemain seperti target yang dicarinya untuk mengisi skuad utama.

“Mereka-mereka yang dicari juga yang harus mau berkorban untuk tim. Jadi, mereka-merekalah yang bisa masuk ke Timnas Indonesia kita nanti (untuk Piala Asia 2023),” lanjut sang pelatih.

Demi bisa menemukan pemain dengan kriteria idamannya, selama TC nanti Shin Tae-yong jelas akan menerapkan materi latihan yang tepat.

Fisik akan menjadi menu latihan yang dilahap Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan selama di Turki nanti.

“Jadi, pasti kami akan memberikan mereka (para pemain) materi latihan fisik dasar dan taktik,” ungkap Shin Tae-yong.

“Setelah 1 Januari 2024 mungkin baru bisa memberikan pelatihan tim lebih baik secara taktikal karena pada waktu itu semua pemain sudah berkumpul seluruhnya,” jelas sang pelatih soal situasi tim.

Piala Asia 2023 akan bergulir pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 di Qatar. Untuk menatap laga itu, Timnas Indonesia bukan cuma menggelar TC di Turki, tapi juga akan melakukan uji tanding dengan menghadapi Libya dan Iran.