Dortmund Perpanjang Catatan Buruk Tanpa Kemenangan di Bundesliga
Borussia Dortmund kembali gagal menang di Bundesliga (Instagram/@bvb09).

Bagikan:

JAKARTA - Dortmund melakoni laga pekan ke-16 Bundesliga 2023/2024 menjamu Mainz 05 di Signal Iduna Park pada Rabu, 20 Desember 2023, dini hari WIB.

Die Borussen kembali masih belum bisa menghentikan catatan buruk tanpa kemenangan. Mereka menuai hasil seri 1-1 kontra Mainz 05.

Padahal, anak asuh Edin Terzic sangat mendominasi laga, plus mereka tampil di kandang. Tercatat, Dortmund menguasai 66 persen bola dan menghasilkan 22 tembakan, tujuh di antaranya tepat sasaran.

Ancaman tuan rumah sudah mulai sejak laga memasuki menit ke-10. Donyell Malen merangsek dari sisi kanan penyerangan dan melepas tembakan dari jarak dekat, tapi masih bisa diblok kiper Daniel Batz dengan kakinya.

Gol untuk Dortmund baru tercipta pada menit ke-29. Sepakan bebas Julian Brandt meluncur mulus menggetarkan jala gawang Mainz.

Unggul 1-0, tak membuat Dortmund mengendur. Dominasi mereka kerap menebar ancaman buat tim tamu.

Pada menit ke-30, mereka kembali mendapat peluang emas menggandakan keunggulan. Namun, sepakan keras Marcel Sabitzer dari luar kotak penalti membentur mistar.

Mainz bukan tanpa peluang meski sering dalam tekanan. Satu-satunya peluang terbaik mereka terjadi pada menit ke-43 sekaligus gol penyama kedudukan.

Berawal dari sepakan bebas Phillipp Mwene yang mengarah ke tiang jauh. Sepp van den Berg menyambut umpan dengan tandukan.

Kiper Gregor Kobel sejatinya sudah menepis sundulan Van den Berg, tapi ternyata bola sudah melewati garis gawang lebih dulu.

Dortmund sempat mengancam lagi pada pengujung laga untuk mencari gol keunggulan. Lagi-lagi Sabitzer nyaris menambah gol kalau tendangannya dari luar kotak penalti tidak ditepis Batz.

Dortmund gagal mempertahankan keunggulan dan skor 1-1 mengakhiri paruh pertama.

Memasuki babak kedua, Die Borussen tetap mendominasi jalannya laga. Hanya, serangan-serangan mereka tak ada yang berbuah gol tambahan.

Keasyikan mencari gol untuk kembali unggul, Dortmund hampir kecolongan pada menit ke-88. Serangan balik cepat Marveille Papela menembus kotak penalti setelah mengecoh Sabitzer.

Dia kemudian mengoper kepada Jonathan Burkardt yang berdiri bebas. Sayang, sepakan Burkardt masih bisa dihalau Kobel.

Dortmund sejatinya bisa mencetak gol pada menit ke-90. Namun, sundulan Giovanni Reyna dianulir karena dirinya sudah lebih dulu offside.

Tak ada gol tambahan tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Tambahan satu poin ini memperpanjang catatan buruk Dortmund tanpa kemenangan di enam laga beruntun semua ajang atau empat laga berturut-turut di Bundesliga 2023/2024.

Kemenangan terakhir Die Borussen terjadi di Liga Champions 2023/2024 kala menghadapi AC Milan bulan lalu.

Sementara itu, terakhir kali Dortmund menang di Bundesliga terjadi saat melawan Borussia Monchengladbach pada November 2023.

Perinciannya, mereka mengalami satu kekalahan dan tiga hasil seri pada empat laga Bundesliga terakhir, termasuk melawan Mainz 05.

Kini, Dortmund di peringkat kelima klasemen dengan raihan 27 poin.