Shin Tae-yong Targetkan ke Semifinal Piala Asia U-23 2024, Realistis atau Blunder?
Shin Tae-yong memberi target lebih tinggi daripada PSSI di Piala Asia U-23 2024 (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Nasib pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tengah dalam situasi tak menentu. Kariernya bisa saja berlanjut atau selesai di pertengahan tahun ini.

Sebelumnya diketahui bahwa kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia berakhir pada Desember 2023. Namun, PSSI memperpanjang masa kerja sang pelatih hingga Juni 2024 karena agenda Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024.

Dua agenda tersebut menjadi penentuan kelanjutan karier Shin Tae-yong. Ia sebelumnya sukses melampaui target PSSI untuk membawa tim lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Kesempatan terakhir pelatih asal Korea Selatan kini bergantung hasil Piala Asia U-23 2024. Pada ajang tersebut, ia ditargetkan untuk bisa membawa Timnas Indonesia U-23 ke babak delapan besar.

Shin Tae-yong tampaknya cukup percaya diri dengan target itu. Bahkan, dia menargetkan membawa tim sampai semifinal.

Komposisi skuad bisa jadi faktor keyakinan pelatih 53 tahun itu. Apalagi, mereka mengalami perkembangan positif.

Jika Shin meramu Timnas Indonesia U-23 dengan tepat, mewujudkan target seperti Piala Asia 2023 sepertinya realistis.

Beberapa pemain yang masuk Indonesia U-23 sudah teruji. Sebut saja nama-nama seperti Justin Hubner dan Rafael Struick yang sudah sudah membuktikan diri di Piala Asia 2023.

Andaikan Shin Tae-yong bisa mencapai target yang dipasang PSSI untuk melangkah ke babak delapan besar, tanda tanya soal masa depannya bakal menemukan jawaban.

Hal itu sejalan dengan apa yang pernah diperbincangkan Shin dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Saya sempat berbincang dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengenai perpanjangan kontrak apakah akan terjadi pada Maret 2024 atau tidak."

"Jika kami lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 atau perempat final Piala Asia U-23 2024, kami akan sepenuhnya memenuhi persyaratan untuk melakukan perpanjangan kontrak," kata Shin Tae-yong dikutip dari Naver Sport.

Masalahnya, tim-tim yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-23 tak sembarangan. Mereka harus melewati dulu tim kuat Qatar, Yordania, Australia di Grup A.

Belum lagi kemungkinan Skuad Garuda bertemu tim dengan tradisi kuat di Asia, seperti Jepang atau Korea Selatan, di babak gugur atau perempat final.

Target PSSI ke delapan besar saja sudah punya batu sandungan serius. Lalu, bagaimana dengan target Shin Tae-yong ke semifinal Piala Asia U-23 2024?

Pertanyaan yang mengemuka tentu soal apakah target pelatih asal Korea Selatan itu realistis atau malah blunder?

Jangan-jangan, ada kesengajaan agar target tak tercapai. Soalnya tersiar kabar Shin Tae-yong masuk kandidat pelatih Korea Selatan menggantikan Jurgen Klinsmann.

Ada kans Shin Tae-yong sengaja menghabiskan kontrak saja tanpa perlu diperpanjang kontraknya. Rumor tersebut juga menguat ketika melihat PSSI masih tarik-ulur.

Piala Asia U-23 2024 bakal berlangsung di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei 2024.