Korea Selatan Cari Sosok Pelatih Anyar, Shin Tae-yong Masuk Daftar
Shin Tae-yong jadi kandidat pengganti Jurgen Klinsmann di Timnas Korea Selatan (dok. AFC).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Korea Selatan tengah mencari sosok pengganti pelatih kepala mereka, Julian Klinsmann. Nama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, disebut masuk dalam daftar calon pengganti.

Mengutip News 1 pada Jumat, 23 Februari 2024, kabar bahwa Shin Tae-yong masuk dalam daftar pengganti Klinsmann diketahui dari pernyataan Jeong Hae-seong, Ketua Komite Penguatan Federasi Sepak Bola Korea (KFA).

Pada sesi jumpa pers yang berlangsung Rabu, 21 Februari 2024, Jeong mengatakan pelatih baru Korea Selatan dipastikan bukan orang asing. Pelatih yang dipilih tidak hanya berkiprah di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

"Kami membuka kemungkinan ke semua pelatih dalam dan luar negeri untuk tim nasional. Hasil pertemuan hari ini, kami akan memilih pelatih domestik," kata Jeong.

Meski tidak menyebutkan nama secara pasti, kabar menyebut ada empat nama calon yang jadi kandidat kuat. Keempat nama itu dianggap paling pas untuk memperbaiki kondisi Timnas Korea Selatan saat ini.

Sumber tersebut mengatakan bahwa para pelatih yang masuk daftar ialah Hong Myung-bo, Hwang Seo-hong, Choi Yong-soo, dan Shin Tae-yong. Nama keempat calon pengganti itu kini sedang dibahas intensif.

Sementara itu, Jeong mengungkapkan syarat yang diterapkan untuk mencari pelatih baru. KFA akan memilih pelatih yang punya kemampuan taktik, kaya pengalaman, komunikasi lancar, kepemimpinan, dan kemampuan membentuk staf pelatih kuat.

Hong Myung-bo sebagai pelatih Ulsan Hyundai dianggap punya potensi paling besar. Ulsan dianggap punya gaya permainan paling menonjol di bawah asuhan Hong.

Sebagai mantan pelatih Taeguk Warriors, prestasi Hong juga mentereng. Salah satunya meraih medali perunggu cabang olahraga sepak bola Olimpiade 2012.

Bicara soal pengalaman, nama Shin Tae-yong juga masuk ke kandidat kuat. Pasalnya, ia tercatat pernah membawa Korea Selatan tampil garang di Piala Dunia 2018 dan membuat Timnas Indonesia lebih diperhitungkan di Piala Asia 2023.

Soal ketertarikan KFA kepada Shin Tae-yong, ada celah yang bisa mereka manfaatkan untuk menggaet sang pelatih. Pasalnya, diketahui bahwa kontrak Shin dengan PSSI tinggal hitungan bulan meski sang pelatih masih harus menangani Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.