Timnas Indonesia U-23 ke Babak Gugur, Shin Tae-yong: Target Baru Tercapai 50 Persen
Shin Tae-yong pasang target mencapai semifinal Piala Asia U-23 2024 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, senang bisa membawa timnya lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Meski begitu, ia mengaku pencapaian ini baru setengah dari target pribadinya.

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 setelah menang 4-1 atas Yordania U-23. Pada laga ketiga Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Minggu, 21 April 2024, dua gol Marcelino Ferdinan dan masing-masing satu gol dari Komang Teguh dan Witan Sulaeman jadi penentu.

Tiga poin yang membawa Timnas Indonesia U-23 ke perempat final jelas sudah membuat Shin Tae-yong memenuhi target yang dipasang Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Sebelumnya pelatih asal Korea Selatan ini diminta membawa tim melangkah ke fase gugur.

Meski telah memenuhi target dari PSSI, Shin Tae-yong merasa belum puas. Ia menyebut hasil ini batu setengah jalan atau separuh dari target pribadi yang ditetapkannya, yaitu membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

"Saya baru mencapai 50 persen dari target yang saya tetapkan," kata Shin Tae-yong dalam keterangan resmi setelah laga dikutip Senin, 22 April 2024.

Demi target itu, Shin Tae-yong masih harus berjuang mengawal anak asuhnya untuk menghadapi Korea Selatan atau Jepang di perempat final. Sebagai persiapan matang dan serius meraih target, ia menggali informasi lebih dalam terkait sang lawan.

"Di perempat final, kami belum tahu siapa yang akan dihadapi, Korea Selatan atau Jepang. Namun, saya akan menyaksikan pertandingannya (antara Korea Selatan vs Jepang)," kata pelatih berusia 53 tahun itu.

Setelah berhasil membawa tim lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong tak lupa mengapresiasi kinerja tim yang tampil apik di lapangan.

Ia juga mempersembahkan hasil ini bagi seluruh pihak dan fans yang selalu mendukung Timnas Indonesia U-23.

"Jadi, saya senang kami melakukan pekerjaan yang bagus di lapangan. Saya ingin membagi kemenangan ini bukan hanya dengan pemain, tetapi juga setiap orang di PSSI, seluruh fans Indonesia, khususnya saya berterima kasih kepada pemain yang bermain sangat baik hari ini," ujar sang pelatih.