Shin Tae-yong Sebut Penyelamatan Penalti oleh Ernando Ari Jadi Momen Krusial
Ernando Ari Sutaryadi menggagalkan penalti Australia U-23 (Instagram/@nandoariiiss).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan atas Australia U-23 di laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis, 18 April 2024.

Garuda Muda menang tipis 1-0 lewat gol Komang Teguh pada menit ke-45. Terlepas dari gol kemenangan itu, sorotan tertuju kepada aksi heroik Timnas Indonesia U-23 sepanjang laga.

Indonesia U-23 hampir kebobolan lebih dulu pada menit ke-25 ketika Australia U-23 mendapat hadiah penalti.

Beruntung, Ernando Ari Sutaryadi berhasil menggagalkan penalti Mohamed Toure. Penyelamatan itu menjadi momen kebangkitan Garuda Muda.

Hal itu pun diamini oleh Shin Tae-yong. Aksi gemilang Ernando membakar semangat juang tim.

"Itu adalah momen ketika kami hampir kebobolan penalti. Namun, kiper kami menyelamatkan penalti itu. Itu adalah momen krusial di pertandingan ini," kata Shin Tae-yong di laman AFC.

Timnas Indonesia U-23 kemudian kian solid menggalang pertahanan demi menahan gempuran Australia U-23.

Pada pengujung laga babak pertama, Marselino Ferdinan dan kolega akhirnya menemukan momentum mengancam lawan melalui sepak pojok.

Peluang itu berhasil dimanfaatkan dengan baik setelah sepakan Nathan Tjoe-A-On di dalam kotak penalti dibelokkan Komang Teguh dengan sundulannya.

Gol itu nyatanya bukanlah puncak dari momen krusial kebangkitan Indonesia U-23 selepas penyelamatan penalti oleh Ernando.

Namun, perjuangan Garuda Muda menahan serangan bertubi-tubi Olyroos sepanjang paruh kedua untuk menjaga keunggulan menjadi puncaknya.

"Saya kira Komang tidak sengaja menyentuh bola. Saat itulah kami merasa dalam keadaan genting," tutur Shin Tae-yong.

Kemenangan Indonesia U-23 atas Australia U-23 kembali membuka peluang kelolosan ke babak gugur. Kini, Garuda Muda ada di peringkat kedua klasemen Grup dengan tiga poin dari dua laga.

Pada laga terakhir Grup A, pasukan Shin Tae-yong akan menghadapi Yordania U-23, Minggu, 21 April 2024.

Motivasi tambahan dari hasil kemenangan atas Australia U-23 bakal dibawa demi meraih target tiga poin.