Bagikan:

JAKARTA - Penjaga gawang naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes, dipastikan belum bisa membela Skuad Garuda saat tampil di laga pertama Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Momen tersebut kemudian bisa menjadi peluang bagi Ernando Ari Sutaryadi untuk bersinar kala bersua Arab Saudi.

Timnas Indonesia bertandang ke markas Arab Saudi pada pertandingan pertama Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion King Abdullah, Jumat, 6 September 2024, dini hari WIB.

Pada pertandingan tersebut, kiper naturalisasi Maarten Paes dipastikan absen. Paes belum bisa dimainkan pelatih Shin Tae-yong lantaran belum didaftarkan untuk pertandingan itu.

Dengan absennya Paes, Ernando Ari yang selama ini menjadi kiper utama Timnas Indonesia memiliki kesempatan tampil sebagai starter. Dengan catatan, Ernando tidak cedera menjelang laga tersebut.

Jika Ernando jadi pilihan Shin Tae-yong saat menghadapi Arab Saudi, itu menjadi momentum dirinya untuk menunjukkan bukti bahwa ia memang layak jadi pilihan utama di bawah mistar gawang Skuad Garuda.

Apalagi, belakangan nama Ernando ramai disebut bakal tergusur sebagai kiper utama Skuad Garuda setelah Maarten Paes sudah bisa membela Timnas Indonesia.

Kehebatan kiper kelahiran Belanda tersebut bersama FC Dallas seperti jadi garansi bagi Shin Tae-yong untuk menjadikannya pilihan utama.

Jika menarik data dari situs MLS, pada musim ini Paes sudah membuat 99 penyelamatan. Rasio penyelamatan Paes mencapai 71,7 persen dari total ancaman ke gawang Dallas.

Sementara itu, dalam penampilan terakhir bersama Timnas Indonesia, Ernando membuat blunder. Setelah memberi penalti untuk Irak pada Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, kiper Persebaya Surabaya itu juga blunder untuk gol Ali Jasim.

Karena itu, kedatangan Maarten Paes jadi kabar baik bagi Timnas Indonesia. Namun, setelah Paes dipastikan absen, Ernando perlu kembali ke performa terbaiknya.