Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan kondisi terkini Maarten Paes jelang lawan Bahrain. Sang pelatih menyebut penjaga gawang itu belum sepenuhnya bisa dipastikan tampil.

Timnas Indonesia akan melawan Bahrain pada lanjutan Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Nasional Bahrain, Kamis, 10 Oktober 2024.

Pemain sudah berkumpul dan menjalani pemusatan latihan di Bahrain sejak 6 Oktober 2024. Pada Selasa, 8 Oktober, giliran Maarten Paes yang turut gabung setelah melewati perjalanan panjang dari klubnya, FC Dallas, di Amerika Serikat.

Sayangnya, kondisi Maarten Paes sampai menjelang latihan tersebut belum 100 persen fit. Soalnya, kiper 26 tahun mengalami cedera pergelangan tangan bersama klubnya.

Timnas Indonesia pun terus berkomunikasi dengan dokter tim FC Dallas terkait pemulihan sang kiper.

Meski demikian, akhirnya tetap diputuskan menerbangkan Paes ke Bahrain dan pemulihannya kini ditangani dokter Skuad Garuda.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter Timnas Indonesia setibanya di Bahrain, Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa kondisi Paes masih juga belum 100 persen.

Situasi itu membuat sang pelatih belum bisa memastikan apakah Paes bisa diturunkan atau tidak.

"Kemungkinan 70 persen (peluang) dia (Maarten Paes) bisa bermain," ujar Shin tae-yong dalam keterangannya dikutip Rabu, 9 Oktober 2024.

Shin Tae-yong, staf Timnas Indonesia, dokter, dan fisioterapi masih terus memantau kondisi Maarten Paes.

Pelatih asal Korea Selatan itu tak mau gegabah. Dia akan lihat perkembangan Paes sampai besok menjelang laga.

"Kami akan melihat dulu (kondisi Paes) hari ini dan besok. Setelah itu akan diambil keputusan," ucap Shin Tae-yong.

Sebelumnya saat baru tiba di bandara Bahrain, pergelangan tangan kanan Paes memang terlihat masih dibalut alat pelindung.

Meski begitu, kiper 26 tahun ini tetap mengikuti sesi latihan bersama Timnas Indonesia setelahnya.

Apabila Maarten Paes belum memungkinkan dimainkan melawan Bahrain, Ernando Ari Sutaryadi bisa mengambil kembali posisi penjaga gawang utama dalam pertandingan nanti.

Jika kesempatan itu datang, tentunya akan jadi momen bagi Ernando untuk kembali menunjukkan kapasitasnya sebagai pesaing kuat Paes di bawah mistar Timnas Indonesia.