Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan peluang Maarten Paes untuk bisa tampil di laga Timnas Indonesia vs Irak. Menurut Shin hingga saat ini belum ada yang pasti.

Maarten Paes sudah resmi menyandang status warga negara Indonesia (WNI) pada 30 April 2024. Namun, kiper klub Major League Soccer (MLS), FC Dallas, itu belum masuk daftar 22 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong.

Pemanggilan itu sendiri untuk agenda pemusatan latihan (TC) jelang laga uji coba melawan Tanzania pada 2 Juni 2024.

Selain itu, juga persiapan dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024.

Dari 22 pemain yang dipanggil, Shin Tae-yong hanya memanggil dua kiper, yakni Ernando Ari Sutaryadi dari Persebaya Surabaya dan Muhammad Adi Satryo dari PSIS Semarang.

Soal absennya Paes dalam daftar nama yang dipanggil, Shin Tae-yong punya penjelasan. Ia pun meminta para fans mendoakan agar sang penjaga gawang bisa segera bergabung.

"Saat ini (peluang Maarten Paes bermain) 50:50 sehingga saya tidak bisa menjawab kepastiannya seperti apa. Saya mohon doanya dari fans supaya Paes bisa segera main," kata Shin Tae-yong dalam keterangan dikutip Rabu, 29 Mei 2024.

Paes dan PSSI diketahui masih mengurus proses administrasi ke Badan Arbitrase Olahraga (CAS) meski ia sudah menjadi WNI. Soalnya, Paes pernah bermain untuk Belanda U-21 ketika usianya sudah 22 tahun.

Paes terakhir kali memperkuat Belanda U-21 ketika tampil selama 90 menit saat meladeni Belarusia di Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 5 November 2020.