Shin Tae-yong Tanggapi Kabar Naturalisasi Calvin Verdonk: Juni Sudah Selesai
Calvin Verdonk sudah jalani pembicaraan dengan PSSI untuk naturalisasi (Instagram/@c.verdonk).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka suara soal kabar naturalisasi Calvin Verdonk. Sang pelatih bahkan membeberkan bahwa pemain asal Belanda itu kemungkinan sudah mulai bisa merapat ke Skuad Garuda pada Juni 2024.

Nama Calvin Verdonk belakangan ramai menjadi perbincangan. Pasalnya, pemain berusia 26 tahun yang kini tampil untuk NEC Nijmegen itu mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan PSSI soal naturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Menyoal itu, Shin Tae-yong mengakui Verdonk memang jadi salah satu pemain yang sedang diusahakan untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan mengungkapkan bahwa tak menutup kemungkinan proses Verdonk bisa rampung pada Juni 2024 jika tak ada hambatan.

"Calvin (Vardonk) memang sedang berusaha dinaturalisasi. Mungkin saja kalau cepat (prosesnya) Juni 2024 sudah selesai," ungkap Shin Tae-yong sebelum mendampingi keberangkatan Timnas Indonesia U-23 ke Dubai pada Senin, 1 April 2024.

Pelatih berusia 53 tahun itu menyampaikan sudah melihat langsung permainan jebolan Feyenoord tersebut. Menurutnya, Verdonk memang punya kualitas apik dan akan sangat membantu jika nantinya ia bergabung Timnas Indonesia.

"Saya sudah lihat langsung performa pemain tersebut. Dia sangat baik dan akan membantu Timnas Indonesia," ujar sang pelatih.

Shin Tae-yong sebelumnya sempat menyampaikan bahwa akan ada beberapa pemain keturunan yang akan dinaturalisasi sebelum Juni 2024.

Teka-teki tersebut tampaknya mulai terungkap karena Shin mengakui Verdonk akan segera dinaturalisai, selain Maarten Paes yang saat ini prosesnya juga sedang berlangsung.

Jika proses Verdonk berjalan lancar, ia bisa segera bergabung Timnas Indonesia. Kehadiran sang pemain akan sangat berdampak positif untuk Skuad Garuda.

Pasalnya, Skuad Garuda akan kembali melanjutkan perjuangannya di dua laga sisa Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, yakni melawan Irak dan Filipina.

Dari dua laga itu, timnas Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi untuk bisa memastikan tempat ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Terkait