PSSI Bakal Tambah 2 Pemain Naturalisasi, Calvin Verdonk dan Ole Romeny Santer Dikaitkan
Ole Romeny santer akan dinaturalisasi (Instagram/@oleromeny).

Bagikan:

JAKARTA - PSSI dikabarkan ingin menambah jumlah pemain naturalisasi baru. Tak tanggung-tanggung, ada dua nama yang kemudian santer dikaitkan, yaitu Calvin Verdonk dan Ole Romeny asal Belanda.

Kabar bakal bertambahnya pemain naturalisasi di Timnas Indonesia itu dibenarkan oleh Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Meski tak menyebutkan secara gamblang, kata Arya, PSSI akan secepat mungkin memproses kedua pemain itu agar bisa membela Timnas Indonesia.

Apalagi, sebelumnya dua pemain itu memang sudah memberikan informasi bahwa sedang berkomunikasi dengan PSSI untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI).

"Sesuai dengan kata Pak Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) mudah-mudahan akan ada dua pemain yang bisa kami proses dalam waktu dekat," kata Arya Sinulingga saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa, 2 April 2024, malam WIB.

Arya menambahkan bahwa dalam proses naturalisasi itu jelas diperlukan waktu tidak sebentar. Kedua pemain tersebut harus segera datang ke Indonesia untuk menjalani proses administrasi.

Setelah itu, mereka harus pergi ke Kedutaan Besar (Kedubes) Belanda di Indonesia untuk menyatakan ingin pindah kewarganegaraan. Lantas, ada tes kesehatan dan lain sebagainya yang juga mesti dijalani.

Dengan panjangnya proses yang harus dilalui, Arya Sinulingga menaksir bahwa naturalisasi kedua pemain anyar itu bisa jadi tuntas pada Mei 2024.

"Setelah itu, kami harus mencari waktu liburnya mereka. Kami sedang mencari bulan-bulan tertentu agar mereka bisa datang ke Indonesia."

"Sedang diusahakan Pak Erick Thohir agar prosesnya berjalan lancar. Mungkin Mei 2024 bisa rampung," ujar Arya.

Calvin Verdonk merupakan pemain belakang yang kini memperkuat klub asal Belanda, NEC Nijmegen. Sementara Ole Romeny adalah striker yang membela klub asal Belanda, FC Utrecht.

Kedua pemain itu dibidik pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat berkunjung ke Belanda beberapa waktu lalu.