Bagikan:

JAKARTA - Momen FIFA Matchday pada September 2024 bakal dimanfaatkan PSSI untuk mendatangkan pemain naturalisasi baru untuk Timnas Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

"Apakah ada dalam proses (naturalisasi) ini? Ada, sih. Namun, seperti biasa tidak akan kami beri tahu, tidak akan koar-koar."

"Pokoknya ada lah. Dokumennya (pemain baru) lagi kami siapkan," kata Arya Sinulingga dari kanal Youtube pribadinya dikutip pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Soal kemungkinan datangnya pemain naturalisasi baru di rentang waktu FIFA Matchday, hal ini diungkap Arya Sinulingga karena dianggap menjadi momen pas lantaran diliburkannya liga selama jeda internasional.

"Masalahnya adalah dalam proses ini. Tidak bisa begitu saja sekarang diproses. Mereka (pemain yang akan dinaturalisasi) harus ke Indonesia dulu melalui prosesnya, administrasi, dan sebagainya," ujar dia.

"Mendatangkan mereka ke Indonesia itu tanggal 5 September 2024 baru bisa datang karena ada FIFA Matchday. Bisa saja tanggal 3, 4, 5, 6, atau 7 September. Nanti kita lihat saja siapa yang hadir. Itu baru bisa diproses," tutur Arya.

Meski menjelaskan adanya kemungkinan mendatangkan pemain naturalisasi anyar, Arya tidak membeberkan siapa nama dan dari negara mana sang pemain berasal.

Menurutnya, pengumuman pemain naturalisasi baru akan dikeluarkan setelah dokumen yang bersangkutan sudah masuk tahap proses ke pihak-pihak terkait.

"Setelah itu diproses di Kemenpora, Kemenkumham, ke Presiden, dan DPR. Kawan-kawan harus paham, DPR kita yang sekarang akan selesai tanggal 30 September 2024."

"(Susunan DPR baru) dilantik tanggal 1 Oktober 2024. Harus paham ini, tidak sesederhana itu karena ada proses tadi. Sekitar tanggal 3, 4, 5, 6, atau 7 September 2024 kami usahakan ada yang hadir."

"Jadi, kami akan berjuang lagi, harus tahu juga tanggal-tanggalnya. Kami berharap dukungan DPR Komisi III dan Komisi X serta pimpinan DPR agar prosesnya bisa segera kembali ke Presiden."

"Jadi, situasinya harus dipahami, tidak hanya mengejar-ngejar, jadi harus tahu prosesnya," ujarnya.

Sebelumnya sudah ada beberapa nama calon pemain naturalisasi yang santer disebut. Pemain keturunan Indonesia Mees Hilgers dan Ole Romeny merupakan dua nama yang dikabarkan segera merapat ke Timnas Indonesia.

Mees Hilgers kabarnya sudah jadi incaran PSSI dalam waktu cukup lama. Sementara Ole Romeny mengaku sudah dihubungi oleh perwakilan PSSI untuk mengurus proses naturalisasi.