Rencana FIFA Matchday Timnas Indonesia: Hanya Sekali di Bulan September, Bukan Lawan Negara Eropa
Ketum PSSI 2023-2027, Erick Thohir (tengah). (Foto: dok .PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan melawan Turkmenistan pada agenda FIFA Matchday bulan September. Kabar ini disampaikan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, pada Kamis, 20 Juli.

Agenda FIFA Matchday nanti akan berlangsung pada 4-12 September. Berbeda dari periode sebelumnya yang diselenggarakan dua kali, kali ini hanya akan berlangsung satu kali di luar Jakarta.

"Kami mau fokus di sini FIFA Matchday. Kali ini FIFA Matchday tidak seperti sebelumnya yang bisa menggelar dua pertandingan,” kata Erick Thohir.

Erick Thohir kemudian mengungkap alasan mengapa agenda hanya bisa digelar sekali. Itu karena komposisi tim yang tampil akan berisi beberapa pemain dari Timnas Indonesia U-23, di mana tiga hari berselang mereka akan tampil di Piala Asia kelompok umur di Solo.

"Karena kita mesti ingat, kita jadi tuan rumah Piala Asia U-23 di Solo tanggal 9 dan 12, kita akan bertanding," jelas Erick.

'Komposisi timnas pun banyak usia muda di bawah U-23. Artinya, kita akan mengisi hanya satu pertandingan, yaitu tanggal 8 lawan Turkmenistan, itu nanti di Gelora Bung Tomo Surabaya," lanjutnya.

Agenda FIFA Matchday jelas penting buat Timnas Indonesia yang berambisi memperbaiki posisi di ranking FIFA. Sebab saat ini Indonesia masih tertahan di posisi ke-150 dalam update terbaru FIFA per Kamis, 20 Juli.

Posisi ini sudah ditempati Indonesia sejak 29 Juni lalu. Sebelum itu Garuda sempat di posisi ke-149, lalu turun satu angka pasca ditahan imbang Palestina 0-0 dan dikalahkan Argentina 0-2 pada FIFA Matchday Bulan Juni.