Shin Tae-yong Bakal Bentuk Timnas Indonesia untuk Hadapi Argentina Mulai 5 Juni
Timnas Indonesia akan menghadapi Palestina dan Argentina pada FIFA Matchday, Juni mendatang. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Timnas Indonesia akan melakoni dua pertandingan FIFA Matchday pada Juni mendatang. Selain menghadapi Palestina pada 16 Juni, skuad Garuda juga akan tampil melawan Argentina, tiga hari berikutnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan akan menyiapkan skuadnya untuk menghadapi FIFA Matchday mulai 5 Juni mendatang. Dia mengaku senang akhirnya tim Merah Putih mendapatkan lawan yang sepadan.

"Saya senang, timnas mendapat dua lawan sepadan dalam FIFA matchday. Ini penting untuk menguji kekuatan Indonesia," ujar pelatih asal Korea tersebut sebagaimana dilansir dari situs resmi PSSI.

Perlu diketahui, pertandingan melawan Palestina nanti akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sementara itu, duel kontra Argentina bakal dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Shin Tae-yong sudah memanggil sejumlah pemain, baik itu yang bermain di luar negeri maupun dalam negeri. Klub-klub yang pemainnya dipanggil pun tidak memiliki alasan tidak melepas pemain mereka karena ini adalah FIFA Matchday.

"Palestina tim kuat. Apalagi Argentina, juara dunia dan banyak pemain bintang di skuad itu. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Pak Erick Thohir akhirnya bisa datangkan tim Argentina. Luar biasa Pak Erick," ujar Shin.

Argentina dipastikan akan datang dengan kekuatan terbaiknya. Itu artinya ada kemungkinan besar bintang mereka Lionel Messi akan ikut dalam rombongan ke Jakarta.

Duel melawan Argentina jelas menjadi kesempatan emas buat Indonesia menguji kekuatan. Terlebih tahun ini, timnas Indonesia akan disibukkan dengan berbagai kegiatan.

Setelah melawan Palestina dan Argentina, FIFA Matchday akan kembali digelar pada 4-12 September 2023. Kemudian setelah itu, Indonesia akan berkiprah di putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 9-17 Oktober 2023.

Jika berhasil lolos dari putaran pertama, Indonesia bakal melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 16-21 November 2023. Selanjutnya Indonesia akan berpartisipasi di Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2023.