Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia untuk Asian Games 2023, Indra Sjafri, sudah punya gambaran soal skuad yang bakal diandalkanya. Untuk komposisi tim yang diasuhnya, Indra Sjafri bakal menyertakan pemain yang masuk skuad juara SEA Games 2023.

Selain itu, dia juga akan memboyong beberapa pemain senior ke dalam tim karena menurut aturan, itu masih diperbolehkan.

"Konsepnya untuk komposisi skuad itu campuran, karena regulasi boleh menyertakan tiga pemain senior. (Pemain) kelahiran 1999, umur 24," kata Indra Sjafri soal skuad Asian Games 2023 ditemui di Jakarta Selatan, Rabu 19 Juli.

Terkait mayoritas pemain yang akan diboyong ke dalam skuad, Indra Sjafri menyebut akan memprioritaskan pemain yang sempat tampil di SEA Games 2023. Hal ini akan membuat skuad timnas U-24 didominasi pemain U-23.

Itu ia lakukan karena timnas U-24 yang ditanganinya tidak dipatok target khusus di Asian Games tahun ini. Dengan alasan itu, Indra Sjafri bakal menjadikan agenda tersebut momentum agar pemain mendapatkan pengalaman di ajang internasional.

"Di ajang itu (Asian Games 2023) memang tidak ada target, berarti kami memberikan pengalaman ke pemain. Tapi kami tidak mau begitu saja, asal ikut. Arahan Pak Ketum, prioritas memberi penghargaan ke (pemain) SEA Games 2023," jelasnya.

"Karena membuat kami masuk prioritas Asian Games, persyaratannya medali emas SEA Games," lanjutnya lagi.

Selain itu Indra Sjafri juga akan menyertakan beberapa pemain timnas U-20 untuk tampil di Asian Games tahun ini. Ia akan menunjuk pemain yang telah disiapkan Shin Tae-yong untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang kemudian batal digelar.

Untuk hal ini, Indra Sjafri akan lebih dulu menjalin komunikasi dengan Shin Tae-yong. Pasalnya, ada dua agenda besar yakni Piala AFF U-23 2023 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

"Kami memberikan penghargaan tersebut ke-20 pemain, setelah itu 20 pemain sisanya itu campuran, U-20, kelahiran 1999, ada senior," jelas mantan pelatih Bali United itu.

"Nanti skuad mana yang didominasikan lebih banyak dilihat nanti dalam perkembangan. Karena dengan coach Shin Tae-yong harus diskusi, di saat yang sama ada AFF U-23, persiapan kualifikasi Piala Asia U-23."

"Lihat skala prioritas mana yang dipentingkan dalam setiap event yang dihadapi," beber Indra Sjafri.